Peristiwa Internasional

Paus Benediktus XVI Meninggal Dunia di Vatikan

Sabtu, 31 Desember 2022 - 18:46 | 97.54k
Paus Benediktus XVI meninggal dunia di Vatikan. (Foto: AP)
Paus Benediktus XVI meninggal dunia di Vatikan. (Foto: AP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabar duka datang dari Vatikan. Paus Benediktus XVI meninggal dunia di Biara Mater Ecclesiae pada usia 95 tahun, Sabtu (31/12/2022) waktu setempat. 

Seperti dilaporkan AFP dan BBC, juru bicara Vatikan, Matteo Bruni menyampaikan kabar duka tersebut dalam pernyataan resmi.

"Dengan kesedihan, saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," demikian Bruni dalam pernyataannya.

Selama kurang dari delapan tahun, Benediktus memimpin Gereja Katolik sebelum akhirnya memutuskan untuk mengundurukan diri pada 2013.

Keputusan mundur yang dilakukan Benediktus mencatatkan sejarah pertama kali terjadi setelah 598 tahun, tepatnya 1415 silam saat Gregory XII.

Paus Benediktus berada di lingkungan Vatikan untuk menjalani perawatan mengingat kondisi kesehatannya yang terus menurun. Selama beberapa tahun terakhir, kesehatannya cukup rapuh. 

Untuk itu, pria bernama lahir Joseph Razitnger itu menghabiskan masa-masa terakhir di Biara Mater Ecclesiae.

Pada Rabu (28/12/2022) lalu, Paus Fransiskus mengabarkan kondisi Benediktus 'sakit parah'. Ia mengajak seluruh umat untuk mendoakan Benediktus.

Kabar meninggal muncul setelah sebelumnya kantor pers Vatikan menyebut kondisi Benediktus stabil pada Jumat (30/12/2022). Ia disebut sempat mengikuti misa dari kamar tidur, dan bisa beristirahat dengan baik.

Benediktus lahir di Jerman. Ia terpilih sebagai Paus saat usianya 78 tahun pada 2005. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES