Peristiwa Internasional

Istanbul Youth Summit 2023 akan Diikuti Ratusan Peserta dari 137 Negara  

Selasa, 10 Januari 2023 - 13:13 | 194.05k
Persiapan simposium hari ke-2 5th Istanbul Youth Summit, 2022. (Foto: Youth Break the Boundaries)
Persiapan simposium hari ke-2 5th Istanbul Youth Summit, 2022. (Foto: Youth Break the Boundaries)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIstanbul Youth Summit (IYS) akan kembali diadakan di Istanbul, Turki pada 6-9 Februari 2023 mendatang. Antusiasme peserta untuk bergabung dalam ajang internasional ini juga sudah terlihat sejak  bulan Agustus dan September 2022 kemarin. 

Banyak peserta berasal dari berbagai belahan dunia mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini. Setidaknya ratusan pelajar dari 137 negara ssudah mendaftar untuk berpartisipasi dalam acara yabg dilangsungkan tahuanan ini.

Acara ini dinilai dapat mengasah kemampuan berbicara di depan umum dan membentuk karakter kepemimpinan masa depan yang ideal. Dalam kesempatan tersebut akan dibahas berbagai kasus-kasus sosial untuk kemudian diperbincangkan dalam dunia internasional.

Kali ini IYS akan mengusung tema “Sustainable Development Goals”. Mereka akan diri pada tajuk “Social Development Goals for Emerging Leaders” sebagai bahasan utamanya dengan memilih pembangunan berkelanjutan yang mencakup beberapa sektor. 

Beberapa sektor utama akan dibahas dalam pertemuan ini, yakni Good Health and Well Being, Quality Education, Decent Work and Economic Growth, dan Industry. Beberapa sub topik bahasan lain seperti Innovation and Infrastructure serta Sustainable Communities juga akan dicakup dalam acara tersebut. 

Sejarah Singkat Istanbul Youth Summit

Acara ini merupakan hasil inisiasi Youth Break the Boundaries (YBB). YBB sendiri merupakan Yayasan yang bergerak dalam bidang edukasi dan pengembangan serta pemberdayaan pemuda demi memupuk generasi masa depan agar lebih unggul dalam jati diri, karakter, dan juga nilai-nilai seorang pemimpin.

Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017. Sempat tertunda beberapa waktu IYS berhasil kembali diadakan pada Februari 2022 yang lalu setelah sebelumnya vakum akibat pandemi. Istanbul Youth Summit pada Februari mendatang merupakan acara yang ke-6 dari rangkaian acara tahunan IYS. 

Pendaftar IYS Berjumlah 26000 Orang

Pendaftaran program ini telah dimuat sejak Agustus 2022 dan berakhir pada September 2022. Setidaknya ratusan peserta dari 137 negara sudah terdaftar dalam acara ini. Setiap negara mengirimkan 1 hingga 10 delegasi yang akan mewakili dan memberikan paparan mereka pada acara tersebut.

Angka ini adalah angka terbesar dibandingkan dengan agenda-agenda pada tahun sebelumnya. Chairman dari Istanbul Youth Summit 2023, Aldi Subakti mengapresiasi antusiasme para peserta untuk mengikuti acara ini. Setidaknya 26000 orang mendaftar, dan sejumlah 400 peserta berhasil lolos seleksi. 

"Antusias yang sangat tinggi dari para delegasi menjadikan IYS sebagai salah satu platform kolaborasi terbesar rintisan anak bangsa. Jumlah peserta dan penyebaran negara yang terus meningkat menambah semangat kami untuk terus berinovasi dan berkolaborasi," ungkap Aldi melalui rilis IYS, Selasa (10/1/2023). 

Saat mendaftar, para peserta juga menyerahkan essay yang telah mereka tulis dan kerjakan sebelum mendaftar. Bahkan 8 essay terbaik berhasil  mendapatkan program pembiayaan gratis untuk mengikuti acara ini. 

Kedelapan peserta yang dibiayai secara gratis tersebut berasal dari berbagai negara. 5 diantaranya berasala dari Indonesia. Mereka akan diberikan akomodasi mulai dari tiket pesawat pulang pergi, hotel hingga beberapa keperluan lainnya selama berada di Turki. 

Daftar Nama-nama Peserta yang Mengikuti Istanbul Youth Summit 2023 Secara Gratis 

1.    Muhammad Muhajir - Indonesia
2.    Muhammad Irfan Bin Jasni - Malaysia
3.    Charirotut Tohiroh - Indonesia
4.    Zoha Javed - Pakistan
5.    Inggried Rifa S - Indonesia
6.    Omar Mohamed Abdallah A. H - Egypt
7.    Sylvia - Indonesia
8.    Haris Raditya Subandrio – Indonesia

Ke delapan orang di atas menyerahkan essay yang memiliki hubungan yang kuat denngan tema yang diangkat oleh Istanbul Youth Summit 2023. Simposium tingkat internasional ini bisa diikuti oleh seluruh kalangan terseleksi mulai dari umur 17 hingga 35 tahun. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES