Peristiwa Internasional

Balapan Lari Tertua di Jepang Hadiahnya Satu Drum Sake dan Beras

Selasa, 10 Januari 2023 - 19:20 | 56.71k
Para pria menerobos gerbang Kuil Nishinomiya di Prefektur Hyogo pada awal lomba.
Para pria menerobos gerbang Kuil Nishinomiya di Prefektur Hyogo pada awal lomba.

TIMESINDONESIA, JAKARTABalapan lari tertua yang diadakan sejak Zaman Edo (1603 - 1868), Selasa (10/1/2023) pagi tadi dihelat lagi di Kuil Nishinomiya, Prefektur Hyogo, Jepang.

Sempat terhenti karena Covid-19, dan lomba ini hadiahnya selain beras juga satu drum sake.

Sekitar 5.000 pria ambil bagian menerobos gerbang Kuil Nishinomiya di Prefektur Hyogo pukul 6 pagi tadi. Mereka berlari sejauh 230 meter menuju aula utama kuil dengan para pelopor berusaha merebut gelar fuku-otoko (Orang Keberuntungan)

Ini adalah pertama kalinya acara tahunan diadakan sejak 2020 karena merebaknya virus corona. Pada tahun 2021 dan 2022, peserta balapan lari tertua tersebut berjalan alih-alih berlari.

Festival Ebisu dan Balapan lari tertua di Jepang

Upacara Tahun Baru yang diadakan sejak zaman Edo ini dikaitkan dengan Ebisu, dewa kemakmuran bisnis. Tiga peserta pertama yang mencapai gerbang utama dianggap sebagai pria paling beruntung di Jepang tahun ini.

Ebisu-sama, adalah dewa Jepang yang membawa keberuntungan. Dipuja selama berabad-abad oleh nelayan dan pedagang. Kuil yang memuja dewa ini bisa ditemukan di seluruh Jepang.

Kuil utama dari semuanya itu adalah Kuil Nishinomiya yang mengadakan Festival Toka Ebisu.

Festival ini diadakan selama tiga hari selama apa yang dikatakan periode energi Ebisu-sama berada pada puncaknya.

Festival ini menarik sekitar 1.000.000 pengunjung dari seluruh Jepang untuk mencari keberuntungan, khususnya dalam memancing, penjualan bisnis dan keamanan dalam rumah tangga untuk beberapa nama.

Sebagao puncak festival ini adalah Kaimon Shinji Fukuotoko Erabi, atau "Ritual Pembukaan Gerbang Orang Beruntung" yang diadakan di aula utama setiap tanggal 10 Januari.

Saat gerbang dibuka pada pukul 6:00 pagi, para pengunjung yang bersemangat berkumpul untuk menjadi yang pertama. 

Tiga orang pertama yang mencapai garis finis dinobatkan sebagai "Fukuotoko", atau "Orang yang Beruntung", dan dianggap sebagai pemilik kekayaan besar untuk tahun itu yang akan mereka bagikan kepada orang lain di sekitar mereka.

Karena itu, semangat mereka luar biasa untuk mencapai "orang yang beruntung".

Mereka berkumpul sejak tengah malam pada malam sebelumnya untuk mengikuti undian agar bisa mendapatkan posisi awal di depan gerbang utama. 

Hanya 1.500 orang pertama yang tiba yang berhak mengikuti undian, dan hanya 108 orang yang dipilih untuk mendapatkan posisi terdekat. 

Pria yang beruntung tahun 2023 dalam balapan lari tertua ini yang menempati posisi pertama adalah Ryota Uemoto, pemain bisbol berusia 22 tahun dari Kobe, dan saat ini menjadi mahasiswa tahun keempat di Universitas Perdagangan Osaka, Jepang. Hadiahnya antara lain ada satu tong sake dan beras. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES