Peristiwa Internasional

Helikopter Jatuh, Mendagri Ukraina Tewas Bersama 17 Orang Lainnya

Rabu, 18 Januari 2023 - 17:53 | 45.89k
Lokasi jatuhnya helikopter di dekat taman kanak-kanak di luar ibu kota Kyiv, menewaskan delapan belas orang, termasuk dua anak dan menteri dalam negeri Ukraina, pada 18 Januari 2023. (FOTO: Kyiv Post/ AFP)
Lokasi jatuhnya helikopter di dekat taman kanak-kanak di luar ibu kota Kyiv, menewaskan delapan belas orang, termasuk dua anak dan menteri dalam negeri Ukraina, pada 18 Januari 2023. (FOTO: Kyiv Post/ AFP)

TIMESINDONESIA, UKRAINA – Menteri Dalam Negeri Ukraina, Denys Monastyrsky beserta 17 orang lainnya termasuk sejumlah pejabat Kemendagrinya serta tiga anak tewas ketika helikopter yang dinaiki jatuh di Brovary dekat pembibitan di luar ibu kota Kyiv, Rabu (18/1/2023) pagi.

Selain itu 29 orang lainnya terluka ketika pesawat helikopter itu jatuh di dekat Taman Kanak-kanak.

Wakil Mendagri, Yevhen Yenin dan sekretaris negara Yurii Lubkovych juga tewas dan dua pilotnya juga tewas. Dua puluh sembilan orang yang terluka itu termasuk 15 anak-anak.

Menurut Wakil Kepala Kantor Kepresidenan, waktu itu mereka terbang menuju ke salah satu kota garis depan.

Denys-Monastyrsky.jpgMenteri Dalam Negeri Ukraina, Denys Monastyrsky, Wakil Mendagri, Yevhen Yenin dan sekretaris negara Yurii Lubkovych. (FOTO: Kyiv Post)

Penyebab kecelakaan belum diketahui, namun helikopter Eurocopter EC225 Super Puma yang membaea sembilan orang penumpang itu dilaporkan terbang dalam kabut ketika jatuh. 

Seorang juru bicara Angkatan Udara Ukraina mengkonfirmasi bahwa helikopter itu milik kementerian darurat.

Menurut laporan setempat, warga mendengar ledakan besar sebelum kebakaran terjadi di pembibitan.

Anak-anak berada di gedung pada saat itu, kata gubernur Kyiv Oleksiy Kuleba, dan diketahui sejumlah anak menderita luka pecahan peluru dan luka bakar.

Ambulans, polisi, dan petugas pemadam kebakaran sedang bekerja di tempat kejadian.

"Apakah itu sabotase, kerusakan peralatan, pelanggaran aturan keselamatan penerbangan, kami akan segera mengetahuinya," kata Gerashchenko, penasihat Menteri Dalam Negeri.

Juru Bicara Komando Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina, Yury Ignat menegaskan  terlalu dini untuk membahas apa yang harus disalahkan tetapi penyelidikan penuh akan diluncurkan.

"Komisi akan menyelidiki alasannya," katanya. "Ini tidak hanya akan memakan waktu 1-2 hari, karena penelitian kecelakaan pesawat membutuhkan waktu tertentu. Komisi negara akan dibentuk, termasuk berbagai spesialis penerbangan," ujar dia.

Kepala Kepolisian Nasional Ukraina, Ihor Klymenko melaporkan di saluran Telegramnya bahwa kecelakaan itu secara efektif memutus Kementerian Dalam Negeri. 

Monastyrsky, ayah dua anak berusia 42 tahun, diangkat menjadi menteri dalam negeri pada 2021.

Lokasi kecelakaan jatuhnya helikopter di kota Brovary, Ukraina yang menewaskan Mendagrinya, Denys Monastyrsky itu terletak sekitar 20 kilometer (12 mil) timur laut Kyi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES