Peristiwa Internasional

Setelah Jerman, AS Siap Kirim 30 Tank M1 Abrams ke Ukraina

Rabu, 25 Januari 2023 - 11:43 | 22.42k
Tentara AS berdiri dengan bendera Polandia dan AS di dekat tank M1/A2 Abrams di luar aula Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-30 di Kielce, Polandia. (FOTO: Reuters).
Tentara AS berdiri dengan bendera Polandia dan AS di dekat tank M1/A2 Abrams di luar aula Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-30 di Kielce, Polandia. (FOTO: Reuters).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah Jerman setuju mengirimkan tank Leopard 2, Selasa (24/1/2023) malam,  kini giliran Amerika Serikat juga siap memulai proses pengiriman lusinan tank tempur terbaiknya, M1 Abrams ke Ukraina.

Dilansir Reuters, dua pejabat yang tidak mau disebut namanya, Selasa mengatakan, pengumuman untuk itu paling cepat akan dilaksanakan Rabu (25/1/2023) hari ini.

Advertisement

Sumber lain menyebutkan, bahwa komitmen AS akan mengirim sekitar 30 unit tank M1 Abrams dalam beberapa bulan mendatang.

Kedua pejabat itu mengatakan, tank M1 Abrams kemungkinan akan dibeli melalui dana yang dikenal sebagai Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI), yang memungkinkan pemerintahan Presiden Joe Biden mendapatkan senjata dari industri, bukan dari stok senjata AS yang ada.

Salah satu pejabat itu mengatakan ada kemungkinan pemerintahan Biden dengan menggunakan proses USAI akan membeli Abrams dari sekutu yang memilikinya, memperbaruinya, kemudian mengirimnya ke Ukraina.

Prosesnya bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan mungkin bertahun-tahun.

Ukraina mengatakan, tank-tank tempur Barat lapis baja berat akan memberi pasukannya lebih banyak mobilitas dan perlindungan menjelang serangan baru Rusia ke Kyiv dalam waktu dekat. Mereka juga dapat membantu Ukraina merebut kembali beberapa wilayah yang telah jatuh ke tangan Rusia.

Para pejabat AS mengatakan bahwa Abrams sulit untuk dirawat, sulit untuk melatih orang Ukraina untuk beroperasi, dan menggunakan bahan bakar jet - menjadikannya pilihan yang buruk untuk fase perang ini.

Sementara itu 12 negara-negara di Eropa kini juga bersiap memberi 100 tank Leopard 2 kepada Ukraina.

Kesepakatan pemberian tank Leopard 2 yang canggih itu sebenarnya telah disetujui pada pertemuan puncak di pangkalan Ramstein, Jerman, Jumat lalu ketika negara-negara sekutu membahas dukungan militer untuk Ukraina. 

Hanya saja waktu itu Jerman ragu-ragu untuk menyatakan hal yang sama dengan negara-negara pemilik tank Leopard di Eropa. 

Waktu itu hanya Polandia dan Finlandia yang secara terbuka langsung menyatakan akan mengirimkan tank Leopard ke Ukraina.

Kepada ABC News, seorang pejabat senior Ukraina mengatakan, sebenarnya Spanyol, Belanda dan Denmark juga bersedia menyediakan beberapa tank mereka, hanya saja mereka membutuhkan persetujuan Jerman.

Jerman sendiri akhirnya setuju juga akan mengirim tank Leopard 2, Selasa (24/1/2023) malam. 

Ada ketentuan bahwa Jerman harus memberikan persetujuan jika negara pemilik tank Leopard ingin memasok ke negara ketiga, seperti Ukraina.

Dilansir Bloomberg, Jerman telah memberikan izin kepada Polandia untuk memasok tank Leopard Jerman ke Ukraina pada Rabu, 25 Januari. 

Kini setelah Jerman sendiri setuju mengirimkan tank Leopard 2, giliran Amerika Serikat juga siap memulai proses pengiriman 30-an tank tempur terbaiknya, tank M1 Abrams ke Ukraina.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES