Peristiwa Internasional

Rusia Sempatkan Diri Pamer Senjata di Aero India 2023

Senin, 13 Februari 2023 - 18:04 | 114.38k
Deretan pesawat tempur yang dipamerkan dalam acara Aero India 2023. ( FOTO: TimesNow/PTI)
Deretan pesawat tempur yang dipamerkan dalam acara Aero India 2023. ( FOTO: TimesNow/PTI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski sedang petang dan babak belur di Ukraina, namun Rusia menyempatkan diri ikut pameran di Aero India 2023, disana 200 jenis senjata akan dipamerkan.

Lebih dari 807 perusahaan pertahanan dan delegasi dari 109 negara akan berpartisipasi dalam Aero India 2023.

Aero India 2023 akan digelar selama lima hari, dan Senin (13/2/2024) siang tadi dibuka oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi di Bangalore.

Materi Aero India 2023 kali ini srlain pertunjukan udara oleh pesawat terbang dan helikopter, juga pameran besar dan pameran perdagangan perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan.

Dilansir TASS, Rusia akan memamerkan sekitar 200 jenis senjata dan perlengkapan militer pada pameran Aero India 2023 yang akan dibuka pada Senin.

Penjual senjata negara, Rosoboronexpoert Rusia mengatakan sebelumnya,  bahwa mereka akan mendemonstrasikan sekitar 200 jenis persenjataan dan perangkat keras militer paling canggih buatan Rusia, termasuk pesawat tempur multiperan generasi kelima kelas atas Su-57E dan pesawat taktis ringan Checkmate.

Sebuah sumber yang dekat dengan perusahaan negara Rostec, delegasi Rusia berencana juga akan membahas prospek kerja sama dengan India dalam pembuatan pesawat generasi kelima, khususnya jet tempur Checkmate.

Selain itu, pengunjung pameran udara Aero India 2023 akan bisa melihat pesawat angkut militer Il-76MD-90A(E), kapal tanker pengisian bahan bakar udara Il-78MK-90A, pesawat tempur supermanuverable Su-35 dan Su-30SME serta pesawat tempur garis depan multiperan MiG-35D, serta helikopter tempur Ka-52E dan Mi-28NE yang ditingkatkan serta helikopter angkut militer Mi-171Sh. 

Rusia juga akan menampilkan UAV pengintaian/serangan Orion-E, UAV pengintaian Orlan-10E, dan UAV pengintaian Orlan-30, yang diluncurkan pada 2022.

Di segmen pertahanan udara, Rosoboronexport akan memamerkan seluruh jajaran aset yang bisa beroperasi baik secara mandiri maupun sebagai bagian dari sistem pertahanan udara bereselon. 

Stan pameran Rusia akan memamerkan sistem pertahanan udara jarak jauh S-400 Triumf, sistem rudal pertahanan udara S-350E Vityaz, sistem rudal permukaan-ke-udara Viking, Tor-M2KM, Tor-M2E.

Untuk kali pertama Sistem pertahanan rudal non-strategis Abakan 98R6E yang dirancang untuk menghancurkan rudal balistik taktis dan operasional modern dan canggih akan dipamerkan di India.

Sistem anti-drone buatan Rusia, termasuk Repellent, RLK-MCE, RB-504P-E dan RB-504A-E, juga akan dipamerkan.

Dalam acara tersebut, anggota delegasi Rusia berencana untuk membahas kerja sama ke depan dengan India, khususnya berdasarkan program Make in India.

Menurut pihak Rosoboronexport, Rusia berupaya menawarkan kepada India titik-titik kerja sama baru dalam pengembangan bersama dan produk-produk berteknologi tinggi di lokasi perusahaan-perusahaan India.

Pertunjukan udara dua tahunan Aero India ke-14 akan berlangsung di Bangalore pada 13-17 Februari. Rusia, peserta aktif dalam pameran kedirgantaraan India, mendemonstrasikan lebih dari 200 produk militer di Aero India 2021.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES