Peristiwa Internasional

Sejarah AS, Mantan Presiden Donald Trump Serahkan Diri ke Kejaksaan

Selasa, 04 April 2023 - 07:46 | 48.34k
Pesawat Trump diparkir di landasan di Bandara Internasional Palm Beach pada hari Senin, sebelum mengangkut mantan presiden ke New York City. (FOTO: New York Post/AP).
Pesawat Trump diparkir di landasan di Bandara Internasional Palm Beach pada hari Senin, sebelum mengangkut mantan presiden ke New York City. (FOTO: New York Post/AP).

TIMESINDONESIA, JAKARTADonald Trump tiba di New York City, dan Selasa (4/4/2023) hari ini akan menjadi sejarah karena Presiden AS ke 45 itu akan menyerahkan diri ke Kejaksaan untuk diambil sidik jari dan difoto serta diadili di MA.

Dengan pesawat Trump miliknya untuk menghadapi tuntutan pidana hari ini sehubungan dengan pembayaran uang suap kepada mantan bintang film porno, Stormy Daniels pada 2016.

Donald Trump (76) mendarat di Bandara LaGuardia dengan pesawat Boeing 757 bercat merah, putih, dan biru miliknya tepat sebelum pukul 15:30 setelah lepas landas dari West Palm Beach, Florida.

Begitu tiba di NYC, Donald Trump dengan cepat dibawa pergi dengan iring-iringan mobil yang dikawal polisi, yang mempercepat waktunya menuju Trump Tower.

Donald Trump bermalam di Trump Tower, menjelang dakwaan Selasa  (4/4/2023) hari ini di Mahkamah Agung Manhattan.

Tuduhan pasti terhadap calon presiden dari Partai Republik tahun 2024 ini, seperti dilansir New York Post akan tetap dirahasiakan sampai dakwaan dibacakan.

Tetapi laporan menunjukkan dia akan menghadapi lebih dari 30 dakwaan. Sumber New York Post memberi tahu  bahwa mereka memasukkan setidaknya satu tuduhan kejahatan memalsukan catatan bisnis - sebuah rap yang bisa membuat Trump berada di balik jeruji besi hingga empat tahun jika dia dihukum.

Siaran langsung berita lokal menunjukkan, Donald Trump tampak melambaikan tangannya kepada kerumunan saat bergegas berjalan ke kediamannya di Midtown pada pukul 16:13.

Ada sekelompok kecil pengunjuk rasa menulis di barikade NYPD bersorak ketika mereka mengetahui bahwa Donald Trump  tiba di rumahnya itu.

Sekitar dua hingga tiga lusin pengunjuk rasa pro-Trump berkumpul di luar menara senama di Fifth Avenue beberapa jam sebelum kedatangannya ketika petugas NYPD menjaga barikade logam di sekitar gedung pencakar langit.

Para pendukung, berkumpul di barikade logam antara jalan East 56th dan 55th di jalan raya, memegang tanda-tanda besar termasuk beberapa bacaan: "Selesaikan Tembok", "Trump '24 untuk Presiden" dan "Orang Tionghoa Amerika Berjuang untuk Trump".

Susan Miller, seorang warga New York City berusia 35 tahun, mengatakan, Donald Trump tidak bersalah dan bahwa dia "meremehkan" Bragg.

Siang hari ini, sekitar pukul 13.39, Donald Trump dijadwalkan akan menyerahkan diri di Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan  untuk diambil sidik jarinya dan difoto sebelum tampil di pengadilan untuk kali pertama 

Juri agung yang dibentuk oleh DA, Alvin Bragg minggu lalu menetapkan  mendakwa Trump. Inilah kali pertama  seorang presiden AS atau mantan presiden menghadapi tuntutan pidana.

Dewan juri yang menyerahkan dakwaan yang belum pernah terjadi sebelumnya telah mendengarkan bukti dan kesaksian sejak Januari terkait kasus tujuh tahun itu.

Kasus ini berpusat pada pembayaran $ 130.000 yang dilakukan oleh pengacara Donald Trump saat itu, Michael Cohen kepada Stormy Daniels, sebagai uang tutup mulut perselingkuhan yang dia klaim telah dilakukan dengan Donald Trump di sebuah hotel Lake Tahoe pada tahun 2006 ketika istrinya Melania ada di rumah dengan anak mereka yang baru lahir, Baron. 

Namun Donald Trump menyangkal perselingkuhannya dengan Stormy Daniels itu, serta segala kesalahan yang terkait dengan pembayaran itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES