Peristiwa Internasional Derap Nusantara

Kala Pemimpin ASEAN Dibuat Terpesona dengan Keindahan Labuan Bajo

Kamis, 11 Mei 2023 - 10:42 | 161.89k
Para pemimpin ASEAN menikmati matahari terbenam di atas kapal pinisi, di Labuan Bajo. (FOTO: BPMI Setpres)
Para pemimpin ASEAN menikmati matahari terbenam di atas kapal pinisi, di Labuan Bajo. (FOTO: BPMI Setpres)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Para pemimpin ASEAN yang menghadiri agenda KTT ke-42 ASEAN benar-benar dibuat terpesona dengan keindahan alam Labuan Bajo, NTT.

Rabu (10/5/2023) sore kemarin, Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengajak mereka beserta para pendampingnya untuk menikmati keindahan alam di wilayah tersebut dengan menaiki kapal pinisi.

Dikutip TIMES Indonesia Setkab RI, para pemimpin ASEAN dan pendamping begitu antusias dan bahagia karena bisa melepas penat setelah seharian melakukan pertemuan KTT ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT.

Presiden Filipina, Ferdinand R. Marcos, Jr salah satu orang yang bahagia dalam acara tersebut. Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ide yang sangat baik untuk menjernihkan kembali pikiran selepas bekerja seharian.

"Seperti yang dijanjikan oleh Presiden Widodo adalah kita datang ke kapal dan kita tidak terlalu memikirkan ekonomi dan masalah, keamanan, dan itu benar sekali. Itu ide yang sangat bagus untuk menjernihkan pikiran Anda, jadi kembali ke bekerja dan menyegarkan," kata Presiden Filipina.

Ia mengakui bahwa keindahan alam Labuan Bajo begitu sangat indah. "Indah, pemandangannya indah, jadi kami sangat khawatir karena ketika saatnya tiba bagi kami untuk menjadi tuan rumah ASEAN, kami harus melakukan yang lebih baik dari ini," jelasnya.

PM Singapura Nilai Sangat Spektakuler

Selain itu, PM Singapura, Lee Hsien Loong juga menikmati perjalanan di atas kapal pinisi yang disediakan di Labuan Bajo tersebut. Ia pun mengakui bahwa keindahan alam yang sangat spektakuler.

"Rasanya sangat menyenangkan, sejauh ini sangat tenang. Kami menantikan untuk melihat matahari terbenam. Saya sangat senang kita bisa melihat matahari, saya pikir itu cukup spektakuler," jelasnya.

Kata dia, ini baru pertama kali mengunjungi NTT. Ia pun menyampaikan akan kembali ke NTT suatu saat ini untuk merasakan menyelam dan melihat komodo secara langsung.

"Saya pikir akan ada banyak turis yang ingin datang juga, terutama dengan hotel-hotel baru yang akan datang," katanya.

Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam juga menikmati keindahan alam Labuan Bajo. Ia mengakui senang bisa berada di tempat tersebut dengan para pemimpin ASEAN.

"Ini pertama kalinya kami di Labuan Bajo jadi kami senang berada di kapal ini melihat sisi berbeda dari KTT ASEAN. Ya sangat bagus, sangat santai terutama setelah pertemuan hari yang panjang," katanya.

Ia pun meyakini, usai agenda KTT ke-42 ASEAN, Labuan Bajo akan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. "Bali sangat terkenal, tetapi Labuan Bajo tidak setenar Bali. Saya pikir KTT ASEAN ini akan menarik lebih banyak orang untuk datang," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES