Peristiwa Internasional

PPI Dunia Dorong Kerjasama Lingkungan dan Ekonomi Digital ASEAN-Tiongkok dalam Konferensi Influencer

Minggu, 21 Mei 2023 - 23:03 | 116.03k

TIMESINDONESIA, CHINA – Konferensi Online Influencer ASEAN-China ke-2 sukses diselenggarakan di Fuzhou, Tiongkok, dari tanggal 18-21 Mei 2023. Acara ini merupakan kerjasama antara berbagai pihak, termasuk China Public Diplomacy Association, ASEAN-China Centre, dan Fuzhou Municipal People's Government.

Dalam konferensi ini, para pembicara utama adalah duta besar dan influencer muda dari Tiongkok dan negara-negara ASEAN. Achyar Al Rasyid, selaku Koordinator PPI Dunia, bersama Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, dan Novi Basuki, merupakan bagian dari delegasi yang diundang sebagai pemateri.

Achyar Al Rasyid, dalam paparannya, menekankan potensi yang dimiliki oleh ekonomi digital dalam bidang lingkungan hidup. Mengambil inspirasi dari keberhasilan Tiongkok dalam pembangunan pasar karbon domestik, yang dimulai pada 1 Februari 2021, Achyar berpendapat bahwa pendekatan yang serupa perlu dipertimbangkan oleh negara-negara ASEAN.

"Keberhasilan Tiongkok dalam membangun pasar karbon domestik ini perlu memberikan inspirasi dan ajakan bagi negara-negara di ASEAN. Khususnya Indonesia," kata Achyar.

Achyar melanjutkan dengan menegaskan pentingnya partisipasi generasi muda dalam upaya pelestarian lingkungan dan bisnis terkait karbon. Dia memvisualisasikan potensi yang luar biasa jika 374 juta anak muda ASEAN dan Tiongkok bergerak dalam pelestarian lingkungan dan aktif dalam perdagangan karbon.

Pada skala yang lebih spesifik, Novi Basuki membahas peran teknologi, khususnya Artificial Intelligence (AI) dan ChatGPT, dalam hubungan Indonesia-Tiongkok. Meski mengakui keunggulan teknologi tersebut, Novi menekankan pentingnya kecermatan dan rasa ingin tahu dalam mencari informasi dari berbagai sumber.

"ChatGPT memang luar biasa. Tapi, kecermatan dan rasa ingin tahu dengan mencari dari berbagai macam sumber, tetaplah harus dikedepankan, khususnya bagi anak-anak muda," ujar Novi.

Konferensi ini juga memberikan kesempatan bagi para influencer untuk melihat langsung perkembangan industri di Tiongkok, termasuk proyek "Two Countries, Twin Parks" yang menjadi hasil kerjasama antara Indonesia dan Tiongkok.

Informasi lebih lanjut tentang konferensi ini dan pendapat dari para pembicara dapat ditemukan di website resmi ASEAN-China Online Influencers Conference. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES