Peristiwa Internasional Info Haji 2023

Pemakaman Jamaah Haji Almarhum Suprapto Dilakukan Setelah Jum'at di Masjid Nabawi

Jumat, 26 Mei 2023 - 16:22 | 86.22k
Tempat pemulasaraan jenazah di Madinah. (Foto: MCH 2023 Kemenag RI)
Tempat pemulasaraan jenazah di Madinah. (Foto: MCH 2023 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, MADINAHJamaah haji Indonesia asal Desa Kalisari, Kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah, bernama Suprapto (52), telah meninggal dunia di Madinah pada Kamis, 25 Mei 2023, dini hari. Setelah melalui proses pemulasaraan dan pengurusan administrasi, jenazah almarhum akan disalatkan di Masjid Nabawi setelah Salat Jumat.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Zaenal Muttaqin, menjelaskan bahwa proses administrasi dan pemulasaraan jenazah telah selesai. Diperkirakan jenazah almarhum akan disalatkan setelah Salat Jumat di Masjid Nabawi.

Suprapto merupakan bagian dari kelompok terbang (kloter) tiga Embarkasi Solo (SOC 03). Ia tiba di Madinah pada Rabu, 24 Mei 2023, dan menginap di Hotel Abraj Taba Company, Madinah. Ia berangkat ke tanah suci bersama istrinya, Soejantini.

Setelah mendapat kabar tentang wafatnya almarhum, Zaenal Muttaqin segera berkoordinasi dengan pihak berwenang di Arab Saudi. Ia mengajukan surat permohonan kepada otoritas pemerintah Arab Saudi di Madinah untuk pengurusan jamaah haji yang meninggal dan pemakaman jenazah.

"Pengurusan administrasi jemaah yang wafat telah kami koordinasikan dengan pihak Muassasah. Almarhum telah diurus dengan baik di Miqat General Hospital, rumah sakit di Madinah," jelas Zaenal.

"Istri almarhum juga hadir di Rumah Sakit untuk memastikan pengurusan jenazah suaminya," tambahnya.

Proses pemulasaran jenazah dilakukan oleh otoritas setempat. Setelah disalatkan di Masjid Nabawi, jenazah almarhum akan dimakamkan di Baqi.

"Kami ikut berduka cita dan mendoakan semoga almarhum mendapatkan husnul khatimah, diampuni segala khilaf, dan amal ibadahnya diterima di sisi Allah," ujar Zaenal.

"Menurut ketentuan, almarhum juga akan dibadalhajikan oleh petugas yang disiapkan oleh PPIH Arab Saudi," tambahnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES