Peristiwa Internasional

Jaga Kesehatan Jemaah Haji Indonesia, 107 Ton Obat Dikirim ke Tanah Suci

Jumat, 26 Mei 2023 - 16:38 | 85.78k
Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah siap menangani kesehatan jemaah haji asal Indonesia. (Foto: MCH 2023)
Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah siap menangani kesehatan jemaah haji asal Indonesia. (Foto: MCH 2023)

TIMESINDONESIA, MADINAH – Totalitas pemerintah Indonesia dalam menjaga kesehatan jemaah haji tampaknya tak perlu diragukan lagi. Obat-obatan yang dibawa ke Arab Saudi mislanya, di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) sudah disiapkan 107 ton obat yang dibawa dari Indonesia untuk layanan kesehatan jamaah haji Indonesia selama di Tanah Suci. Sebanyak 30 ton obat di antaranya berada di Madinah dan sisanya berada di Makkah.

Obat-obatan tersebut didistribusikan ke sektor dan kloter untuk jangka waktu empat hari. Jika obat tersebut habis, setiap sektor atau kloter bisa mengajukan permintaan untuk segera dikirim kepada sektor atau kloter yang membutuhkan.

Langkah tersebut diharapkan KKHI dapat mempermudah dan mempercepat penanganan jemaah tanpa harus menunggu tindakan dari klinik.

"Dengan begitu, petugas di kloter tidak meninggalkan jemaahnya, kami mendekatkan akses kepada petugas dengan menyiapkan obat di sektor, nanti diambil," kata Kasi Kesehatan Daker Madinah, dr. Alfarizi, Jumat (26/5/2023).

jemaah-haji-asal-Indonesia-b.jpgPetugas haji siap membantu jemaah yang membutuhkan. (Foto: MCH 2023)

Ditambahkan, obat-obatan yang disiapkan di Arab Saudi untuk jemaah haji,  merujuk pada 10 jenis penyakit yang biasanya banyak diderita. Baik  bentuknya fast moving maupun slow moving.

"Sepuluh penyakit tersebut di antaranya jantung, diabetes, infeksi saluran pernafasan, ginjal, diare, hipertensi, maag, gangguan pencernaan, dan gangguan kejiwaan," tambah dr. Alfarizi.

Pantauan beberapa lokasi di Madinah, baik di  Masjid Nabawi, Bandara Madinah, maupun tempat-tempat strategis seperti hotel, pelataran masjid, jalan menuju masjid, banyak siaga petugas PPIH Arab Saudi. Petugas haji Indonesia siap membantu menangani berbagai masalah yang dihadapi jemaah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES