Peristiwa Internasional Info Haji 2023

Bir Ali, Tempat Miqat Jemaah Haji dari Madinah Menuju Makkah, Ini Sejarah Singkatnya

Senin, 29 Mei 2023 - 14:00 | 117.41k
Bir Ali, tempat miqat jemaah haji dari Madinah menuju Makkah. (Foto: MCH)
Bir Ali, tempat miqat jemaah haji dari Madinah menuju Makkah. (Foto: MCH)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, MADINAH – Dimulai 1 Juni 2023 mendatang, jemaah haji asal Indonesia akan mulai bergerak ke Makkah. Masjid Bir Ali yang terletak 11 kilometer dari Masjid Nabawi akan menjadi tempat miqat. Tepatnya sebelah barat Lembah Aqiq. Bir Ali dahulu dikenal sebagai Dzulhulaifah, sebuah desa yang berjarak 6 atau 7 mil dari Kota Madinah.

Daerah ini merupakan sumber air bagi Bani Jusham dan Bani Khafajah dari Klan Uqail. Seiring dengan perkembangan zaman, Dzulhulaifah dinamakan dengan Abyar Ali.

Advertisement

Ada beberapa versi sejarah terkait darimana nama Bir Ali berasal. Sebagian mengatakan, nama ini  dinisbahkan pada Ali bin Dinar, seorang Sultan Darfur yang selama kurang lebih 20 tahun selalu mengirimkan kiswah Kakbah ke Makkah al-Mukarramah dari Fasher, ibu kota Darfur.

Sedangkan versi lainnya daerah ini disebut dengan Bir Ali karena masa lampau Sayyidina Ali Bin Abi Thalib  pernah membuat galian beberapa sumur di kawasan ini.

Kata Bir berasal dari istilah Bi'run yang bermakna sumur dan jamaknya Abyar. Rasulullah SAW pun menetapkan tempat ini sebagai Miqat Makani yakni empat memulai ihram haji atau umrah bagi jamaah yang datang dari arah Madinah dan sekitarnya.

Di tempat ini, kemudian dibangun sebuah masjid yang relatif besar diberi nama Masjid Asy-syajarah (masjid pohon). Sebab masjid ini dibangun di tempat mana Nabi Muhammad SAW pernah berteduh di bawah sebuah pohon sejenis akasia.

Dalam perjalanannya, Masjid Bir Ali telah mengalami beberapa kali renovasi. Dimulai pada masa pemerintahan Gubernur Madinah Umar bin Abdul Aziz pada periode 87-93 Hijriyah. Kemudian Zaini Zainuddin Al Istidar pada tahun 861 Hijriyah.

Bir-Ali-Madinah-2.jpg

Lalu pada zaman Dinasti Usmaniah dari Turki pada 1090 Hijriyah atau 1679 Masehi hingga terakhir oleh Raja Abdul Aziz yang memerintah Kerajaan Saudi Arabia dari 1981-2005.

Renovasi membuat area Masjid Bir Ali yang sebelumnya hanya 9.000 meter persegi kini mencapai 34.000 meter persegi termasuk masjid, taman, lapangan parkir, dan paviliun.
Kamis, 1 Juni 2023 sebanyak 1.899 jemaah haji dari lima kloter akan diberangkatkan ke Bir Ali dari Madinah. Pemberangkatan perdana ini dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, keberangkatan dilakukan pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS) sebanyak 3 kloter.

Sedangkan tahap kedua keberangkatan dilakukan pada pukul 16.00 WAS sebanyak dua kloter. Untuk mencapai Bir Ali, para jemaah akan diangkut dengan menggunakan bus.

Setelah menempuh perjalanan selama 15 menit dari Madinah, jemaah akan tiba di Masjid Bir Ali. Mereka selanjutnya mengambil wudhu dan melaksanakan salat sunah dua rakaat baik shalat tahiyatul masjid atau pun salat sunah umrah.

Di sini, jemaah yang sudah mengenakan pakaian ihram mulai berniat. Selanjutnya, jemaah  melanjutkan perjalanan menuju Kota Suci Mekkah selama kurang lebih 6 jam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES