Peristiwa Internasional

PPIH Diminta Perketat Pengawasan Air di Hotel

Jumat, 09 Juni 2023 - 18:38 | 75.01k
Kedatangan jemaah haji Inodnesia di Mekkah. (foto: Dok TIN
Kedatangan jemaah haji Inodnesia di Mekkah. (foto: Dok TIN

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Daerah Kerja (Daker) Makkah telah mulai menerima kedatangan jemaah haji Indonesia dalam dua gelombang sejak tanggal 8 Juni 2023. Gelombang pertama berasal dari Madinah Al-Munawwarah, sementara gelombang kedua berasal dari Tanah Air.

Arsad Hidayat, Direktur Bina Haji yang juga sebagai Pembina Teknis Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, meminta kepada para petugas di sektor Daker Makkah untuk memantau ketersediaan air di hotel-hotel jemaah. Hal ini dikarenakan kota Makkah mulai dipadati oleh jemaah haji baik dari Indonesia maupun dari negara lain.

"Air di hotel berpotensi habis karena kehadiran jemaah di Makkah yang semakin banyak. Pengawasan terhadap ketersediaan air harus dilakukan agar tidak terjadi masalah," ujar Arsad dalam pertemuan dengan para Kepala Sektor dan petugas Daker Makkah di kantor Daker Makkah pada Rabu (8/6/2023).

Menjelang puncak haji, diperkirakan akan terjadi peningkatan lalu lintas yang padat di Makkah. Oleh karena itu, proses penyediaan air di hotel-hotel harus dilakukan dengan cermat agar tidak terlambat akibat kemacetan di jalan.

Operasional ibadah haji telah dimulai sejak 23 Mei 2023. Para jemaah haji secara bertahap masuk ke Asrama Haji dan kemudian diberangkatkan menuju Arab Saudi. Pemberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang pertama menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah berakhir pada tanggal 8 Juni 2023 dengan kedatangan jemaah dari kloter 38 Embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS 38). Total terdapat 263 kloter dengan 100.001 jemaah yang tiba di Madinah dari tanggal 24 Mei hingga 8 Juni 2022.

Sejak tanggal 1 Juni 2023, jemaah yang telah tiba di Madinah secara bertahap diberangkatkan menuju Makkah. Hingga saat ini, pukul 01.00 WIB, tercatat sebanyak 120 kloter dengan 46.341 jemaah telah tiba di Makkah dari Madinah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES