Peristiwa Internasional

PPI Bursa Angkat Budaya Indonesia Melalui Pertunjukan di Turki

Rabu, 05 Juli 2023 - 18:59 | 93.87k
PPI Bursa kenalkan wayang dan kesenian Indonesia lainnya di Turki. (Foto: PPI Bursa)
PPI Bursa kenalkan wayang dan kesenian Indonesia lainnya di Turki. (Foto: PPI Bursa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perhimpunan Pelajar Indonesia di Bursa atau PPI Bursa baru-baru ini menyelenggarakan sebuah pertunjukan budaya yang menarik di Turki. Dalam acara yang bertajuk "Endonezya ile Bir Gun (EIBG)" (Sehari Bersama Indonesia) ini, PPI Bursa berhasil mengenalkan kebudayaan Indonesia melalui teater bertema lingkungan yang dipadukan dengan tokoh-tokoh mitologi Indonesia dan karakter khas Turki.

Namun, tujuan dari pertunjukan ini tidak hanya sekedar mempromosikan budaya Indonesia, tetapi juga untuk menyelamatkan warisan budaya tersebut. Di dalam acara tersebut, PPI Bursa berhasil mengkampanyekan isu lingkungan yang saat ini menjadi perhatian bersama. Dalam konteks global saat ini, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan dan pentingnya menjaga ekosistem bumi.

Advertisement

"Semoga EIBG3 menginspirasi para pelajar indonesia di luar negeri untuk selalu memperkenalkan budaya indonesia dan menyelipkan nilai nilai yang harus dipegang pemuda dengan cara sekreatif mungkin," ungkap Ulfah Lathifah Ketua Pelaksana Endonezya ile Bir Gun.

Dengan menggabungkan tokoh mitologi Indonesia yang terkenal seperti Nyi Roro Kidul, Buto Ijo, dan Nini Anteh dengan karakter khas Turki, Hacivat dan Karagoz. Pertunjukan ini berhasil menciptakan dialog budaya yang menarik. Bukan hanya sekedar pertunjukan seni, tetapi juga merupakan bentuk pemikiran kreatif untuk mengajak masyarakat mempertimbangkan kontribusi mereka dalam menjaga lingkungan.

PPI Bursa Menjadi Jembatan Diplomasi Kedua Negara

Acara ini juga dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia di Ankara – Lalu Muhamad Iqbal, Kepala Bursa City Council - Sevket Orhan, Wakil Wali Kota Bursa – Arif Bayrak, dan Wakil Gubernur Bursa - Yusuf Gökhan Yolcu. Selain isu lingkungan, pertunjukan ini juga memiliki dampak diplomatik yang signifikan.

PPI-Bursa-kenalkan-wayang-dan-kesenian-Indonesia-a.jpgPara pemain teater beserta panitia 'Endonezya ─░le Bir Gün 3' foto bersama Duta Besar RI Ankara dan Acting Konsul Jenderal RI Istanbul. (Foto: PPI Bursa)

Terlibatnya masyarakat dan pemerintah Bursa serta pemerintah Indonesia dalam acara ini menunjukkan pentingnya hubungan diplomasi antara kedua negara. Melalui kolaborasi tersebut, kesempatan untuk memperkuat dan membangun relasi yang lebih baik antara Indonesia dan Turki dapat terwujud.

"Masing-masing dari pelajar Indonesia di Bursa adalah duta Indonesia. Saya mengucapkan terima kasih kepada pelajar Indonesia di Bursa yang sudah mengenalkan Indonesia dan kepada pemerintah Bursa yang sudah memberi kami kesempatan memperkenalkan budaya kami. Turki adalah saudara istimewa kami," ungkap Lalu Muhammad Iqbal.

Namun, tidak hanya isu lingkungan dan diplomasi yang menjadi fokus utama pertunjukan ini. Salah satu hal yang patut diacungi jempol dari acara ini adalah penggunaan bahan daur ulang dalam instalasi seni yang ditampilkan sebelum pertunjukan dimulai.

Dalam pameran instalasi seni, penonton dapat melihat bentuk ombak yang terbuat dari botol plastik bekas dan bunga mawar merah yang terbuat dari kotak telur. Hal ini memberikan pesan yang kuat bahwa kita harus lebih peduli terhadap lingkungan dan mencari cara kreatif untuk mengurangi sampah plastik dan limbah.

Pesan di Balik Acara Pertunjukan Kesenian PPI Bursa

Acara ini tidak hanya dirancang untuk menghibur penonton, tetapi juga memiliki pesan-pesan mendalam terkait keberanian, harapan, dan tekad. Melalui campuran tarian, paduan suara, dan adegan teater inspiratif, penonton disuguhi sebuah pertunjukan yang memadukan keindahan budaya Indonesia dengan pesan-pesan filosofi hidup. Pesan-pesan tersebut mengajak kita untuk menjaga alam, mengembangkan harapan, memiliki kemauan yang kuat, dan mengupayakan tujuan hidup yang tinggi.

Melalui pertunjukan tersebut, PPI Bursa telah berhasil menunjukkan betapa pentingnya menyelamatkan budaya Indonesia dan menjaga lingkungan. Selain mempromosikan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat Turki, pertunjukan ini juga memberikan teladan tentang bagaimana seni dan budaya dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan positif kepada masyarakat.

Pertunjukan ini diahrapkan dapat menginspirasi dan mendorong perubahan positif, kita bisa merayakan keberhasilan PPI Bursa dalam melestarikan budaya Indonesia melalui seni di Turki. Pesan-pesan apik yang diselipkan dalam pertunjukan seni membuat penonton dapat menikmati dan memberikan nilai moral yang tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES