Peristiwa Internasional

Bertabrakan di Udara, Ukraina Kehilangan Tiga Pilot Tempur Andalannya

Minggu, 27 Agustus 2023 - 19:04 | 51.41k
Kapten Andrew Pilshikov, pilot Ukraina yang akrab disebut jus gigih menginspirasi Ukraina untuk mendapatkan bantuan F-16.(FOTO: Sky News)
Kapten Andrew Pilshikov, pilot Ukraina yang akrab disebut jus gigih menginspirasi Ukraina untuk mendapatkan bantuan F-16.(FOTO: Sky News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua pesawat tempur latih L-39 milik Ukraina bertabrakan di udara, Sabtu, (26/8/2023) di dekat kota Oblast Zhytomyr, sekitar 140 kilometer (87 mil) sebelah barat ibukota Kyiv. Akibatnya, tiga pilot meninggal dunia.

Tiga pilot itu adalah andalan Ukraina dalam perang melawan Rusia. Mereka adalah Kapten Andrew Pilshikov, Mayor Vyacheslav Minka dan Mayor Sergey Prokazin. Salah seorang korban yang meninggal dunia itu,  Kapten Andrew Pilshikov adalah pilot Ukraina yang terkenal dengan panggilan 'Juice'.

Advertisement

Dilansir CNN, Angkatan Udara Ukraina menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban, dengan mengatakan bahwa ini adalah kehilangan yang menyakitkan dan tidak bisa diperbaiki bagi kita semua.

Juice adalah pilot MiG-29 dan bagian dari unit yang dikenal sebagai "Ghost of Kyiv" yang membela Ukraina tengah dan utara pada awal perang melawan Rusia.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy memimpin penghormatan kepada tiga orang pilotnya yang tewas ketika dua pesawat latih tempur L-39 mereka bertabrakan di udara di wilayah barat Kyiv.

Tiga pilot Ukraina yang tewas dalam tabrakan di udara pada hari Jumat itu juga telah disebutkan namanya oleh Brigade Penerbangan Taktis Vasylkiv. Volodymyr Zelenskyy juga mengkonfirmasi nama salah satu korban tewas adalah Kapten Andrew Pilshikov, yang juga dikenal dengan nama panggilan "Jus" itu.

"Kini kami dapat memastikan bahwa dua rekannya yang juga tewas dalam tabrakan tersebut adalah Mayor Vyacheslav Minka dan Mayor Sergey Prokazin. Awak dua pesawat latih tempur L-39 bertabrakan di langit saat melakukan misi tempur," tambah brigade itu lagi 

Mayor Vyacheslav Minka tinggal di Kyiv, dan merupakan "pilot berpengalaman dan terlatih secara teknis di brigade. Dia akrab dengan berbagai jenis pesawat dan menghabiskan sebagian besar waktunya sebagai instruktur.

Sedangkan Mayor Sergey Prokazin tinggal di wilayah Poltava dan memiliki pengalaman terbang selama lebih dari 24 tahun, yang membuatnya dipromosikan dari pilot menjadi wakil komandan brigade.  

"Saudara-saudara menyebutkan senyumnya yang tak tertembus, ketulusannya, kemampuannya untuk membantu dalam situasi sulit," begitu bunyi pernyataan brigade tersebut. 

Sementara Kapten Andrew Pilshikov, atau dikenal sebagai "Jus", berasal dari Kharkiv, dan memiliki pengalaman terbang selama delapan tahun. Dia menerima sejumlah penghargaan negara bagian dan departemen.

Dia berani, berprinsip, tanpa kompromi, selalu mempertahankan pendapatnya sampai akhir, dan aktif berbicara di media Barat, khususnya tentang masalah penyediaan pesawat F-16 modern untuk Ukraina. 

Kapten Andrew Pilshikov yang juga meninggal dunia setelah tabrakan pesawat latih di udara Ukraina itu dikenal sebagai 'Jus' Brigade Penerbangan Taktis Vasylkiv. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES