Peristiwa Internasional

Jokowi: Dunia Tak Berdaya Menyaksikan Penderitaan Rakyat Palestina

Senin, 13 November 2023 - 10:23 | 38.19k
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), di Arab Saudi. Dalam acara tersebut, Kepala Negara menyampaikan bahwa saat ini dunia seperti tak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina.

"Saat KTT saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seorang tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina. Sehingga saya mengajak negeri-negeri anggota OKI untuk bersatu, berada dibarisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina," katanya dikutip TIMES Indonesia dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/11/2023).

Menurutnya, gencatan senjata harus segera diwujudkan. Bantuan kemanusiaan untuk Palestina harus dipercepat dan diperbanyak. Perundingan damai harus segera dimulai. Dan fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan di Gaza tersebut tidak boleh menjadi sasaran serangan.

"Dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan," tegas Presiden Indonesia ke-7 tersebut.

Menghasilkan Resolusi 

Presiden Jokowi juga menyampaikan, KTT OKI telah menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia dalam penyelesaian penderitaan rakyat Palestina tersebut.

"Alhamdulillah, KTT OKI telah menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Dan pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Joi Biden esok hari. Dimana ini adalah suara dari 57 negara atau sekitar sepertiga suara negara di dunia," katanya.

Selain itu, dirinya juga dititipkan pesan oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk disampaikan langsung kepada Presiden Amerika Serikat tersebut. Namun, Jokowi tak membeberkan soal pesan terkait.

"Selain itu saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Joi Biden," katanya.

"Selain itu, saya juga ingin memberikan dukungan penuh untuk Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia yang menjadi salah satu Menlu, yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES