Peristiwa Internasional

Muhteşem Indonesia: Cara PPI Sakarya Perkenalkan Budaya Katulistiwa di Turki

Minggu, 26 November 2023 - 20:11 | 44.78k
Penampilan lagu daerah dan nasional dalam pertunjukan budaya PPI Sakarya. (FOTO: PPI Turki)
Penampilan lagu daerah dan nasional dalam pertunjukan budaya PPI Sakarya. (FOTO: PPI Turki)

TIMESINDONESIA, TURKIPPI Sakarya menyajikan pertunjukan budaya Indonesia di Turki. Acara yang bertajuk "Muhteşem Indonesia" ini berlangsung di Sakarya Üniversitesi Kültür ve Kongre Merkezi, salah satu universitas terkemuka di negara tersebut.

Organisasi yang memiliki nama panjang Perhimpunana Pelajar Indonesia di Sakarya ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya lokal ke negara lain terutama Turki. Adam Syaikhul Akbar, Ketua PPI Sakarya, menyampaikan bahwa mereka ingin memperkenalkan budaya Indonesia melalui seni tarian dan musik.

PPI-Sakarya-2.jpgTari Saman yanng dibawakan oleh pelajar Indonesia dalam Muhteşem Indonesia besutan PPI Sakarya. (FOTO: PPI Turki)

"Hari ini kami ingin membagikan kekayaan budaya kami melalui tarian dan nyanyian. Kami berharap dapat terus memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui berbagai pemikiran kreatif di masa mendatang," ungkapnya dengan antusias.

Pembukaan acara ditandai dengan fashion show yang memamerkan keelokan busana adat Indonesia. Fashion show ini menjadi pembuka yang berhasil mencuri perhatian undangan.

Pameran busana adat ini juga menjadi gambaran indah akan keberagaman pakaian tradisional Indonesia. Desain yang rumit dan warna yang cerah menjadi sorotan, mencerminkan kekayaan budaya Indonesia.

PPI-Sakarya-3.jpgTari Payung, salah satu tarian yang ditampilkan dalam Muhteşem Indonesia PPI Sakarya. (FOTO: PPI Turki)

Setelah fashion show, penonton diajak menikmati serangkaian pertunjukan tarian yang memukau, membawa mereka dalam perjalanan budaya ke berbagai daerah di Indonesia.

Para pelajar Indonesia di Sakarya, Turki  mempersembahkan beberapa tarian. Dari gerakan tradisional tarian Aceh yang penuh kekompakan hingga ritme dramatis tarian Kecak, pertunjukan ini memperlihatkan kekayaan bentuk tarian Indonesia.

Tarian Jaipong, yang dikenal dengan gerak dinamis dan irama energetiknya, menambahkan sentuhan tradisional yang khas. Tarian Payung yang anggun, berasal dari Jawa, menampilkan keindahan gerakan yang terkoordinasi dengan payung.

Sementara tarian Papua mencerminkan kekuatan, kekompakan, serta tanggauhnya pemuda Papua. Kesemu tarian tersebut ditampilkan secara harmonis dan mampu menghipnotis para undangan.

Salah satu sorotan malam tersebut adalah pertunjukan Pencak Silat, seni bela diri tradisional Indonesia. Pertunjukan seni bela diri tidak hanya memperlihatkan keahlian fisik tetapi juga mencerminkan warisan budaya yang kaya di dalam tradisi bela diri Indonesia.

Tak berhenti di situ. Para pelajar Indonesia di Turki juga secara bersama menyanyikan beberapa lagu kebangsaan. Mereka juga menyajikan penampilan live music dengan nuansa budaya Indonesia. 

Melalui acara ini PPI Sakarya yang juga merupakan anak cabang PPI Turki ini berhasil membawa sejumput kekayaan Indonesia ke Turki. Hal tersebut juga sekaligus menjembatani pertukaran budaya dan pemahaman antara kedua bangsa.

Penonton tidak hanya terhibur tetapi juga mendapatkan wawasan mendalam akan keberagaman dan kedalaman budaya Indonesia.

Saat PPI Sakarya terus melanjutkan misinya dalam mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri, acara seperti "Muhteşem Indonesia" menjadi jembatan untuk menghubungkan orang melalui bahasa seni dan budaya yang universal. Perhimpunan berharap bahwa inisiatif budaya semacam ini dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dan Turki serta membuka jalan untuk kerja sama yang lebih banyak di masa depan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES