Peristiwa Internasional

Komik Pertama yang Memuat Cerita Superman Terjual Rp95 miliar

Jumat, 05 April 2024 - 10:22 | 18.94k
i komik
i komik "Action Comics" edisi pertama, yang pertama kali menghadirkan tokoh pahlawan super Superman.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah salinan dari komik "Action Comics" edisi pertama, yang pertama kali menghadirkan tokoh pahlawan super Superman, telah terjual dengan harga fantastis sebesar 6 juta dolar AS atau sekitar Rp95,3 miliar dalam sebuah lelang.

Harga tersebut menjadikannya sebagai komik termahal di dunia.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Hollywood Reporter pada hari Kamis (4/4) waktu setempat, harga yang mencapai rekor ini melampaui harga rekor sebelumnya yang dipegang oleh salinan edisi pertama dari komik "Superman" yang diterbitkan pada tahun 1939, yang terjual seharga 5,3 juta dolar AS (Rp84,2 miliar) pada tahun 2022.

Sedangkan komik yang menempati peringkat ketiga dalam daftar komik termahal adalah salinan dari komik "Amazing Fantasy" edisi ke-15 yang diterbitkan pada tahun 1962, yang pertama kali memperkenalkan pahlawan super Spider-Man. Komik tersebut terjual pada tahun 2021 dengan harga 3,6 juta dolar AS (Rp57,1 miliar).

Edisi pertama dari "Action Comics" diterbitkan pada tahun 1938, dan saat ini komik tersebut sangat langka dengan hanya tersisa 78 salinan yang telah diidentifikasi oleh CGC, sebuah layanan yang menilai keaslian dan kondisi buku komik.

Diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster, komik ini dianggap sebagai salah satu karya pahlawan super yang paling bernilai dalam sejarah. CGC memperkirakan bahwa sekitar 100 salinan dari edisi pertama komik "Action Comics" masih ada dari total 200.000 salinan yang dicetak oleh National Allied Publications, pendahulu DC Comics yang sekarang menerbitkan komik Superman.

Salinan yang terjual dengan harga Rp95,3 miliar itu dilelang pada hari Kamis (4/4). Dengan nilai kondisi 8.5 dari 10, ini menunjukkan bahwa komik tersebut masih dalam kondisi yang sangat baik meskipun telah berusia puluhan tahun.

Selain salinan yang dilelang, hanya ada dua salinan lagi dari edisi asli yang masih dalam kondisi baik. "Action Comics" edisi pertama menjadi buruan utama bagi para kolektor, dengan satu salinan yang memiliki nilai kondisi 0,5 dari 10, terjual dengan harga 408 ribu dolar AS (Rp6,4 miliar).

Saat ini, pahlawan super Superman akan segera muncul dalam film baru yang sedang diproduksi oleh James Gunn. Film tersebut, yang dibintangi oleh David Corenswet sebagai Superman, sedang dalam tahap produksi dan dijadwalkan untuk rilis pada bulan Juli 2025. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES