Peristiwa Internasional

KAHMI Eropa Raya Apresiasi Presiden Angkat Marsekal Tonny Harjono Sebagai KASAU 

Jumat, 05 April 2024 - 21:43 | 26.35k
Choirul Anam, PhD, Ketua Umum Kahmi Eropa Raya. (Foto: Choirul Anam)
Choirul Anam, PhD, Ketua Umum Kahmi Eropa Raya. (Foto: Choirul Anam)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Kahmi Eropa Raya, Choirul Anam, PhD, memberikan apresiasi atas langkah Presiden Joko Widodo dalam menunjuk Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M., sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU). Sebelumnya, Marsekal Tonny menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II.

Keputusan Presiden Jokowi untuk menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024 yang mencabut Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU dan mengangkat Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU baru, disambut dengan baik oleh Choirul Anam. Anam, yang merupakan Alumni PhD di bidang Kebijakan Publik dari Universitas Charles, mengungkapkan keyakinannya bahwa Marsekal Tonny memiliki kemampuan yang diperlukan untuk memimpin Angkatan Udara dengan lebih baik.

"Kami mengapresiasi langkah Presiden Jokowi dalam mengangkat Marsekal TNI Tonny Harjono sebagai KASAU. Kami yakin Pak Tonny memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membuat Angkatan Udara lebih dihormati tidak hanya di Asia tetapi juga di seluruh dunia," ujar Anam.

Anam juga menyoroti kemampuan Marsekal Tonny dalam memahami arah geopolitik global, yang dianggapnya sangat penting mengingat situasi geopolitik dunia saat ini. Dia menekankan pentingnya kepemimpinan yang cerdas dan wawasan yang luas dalam menghadapi dinamika yang kompleks, termasuk ketegangan di wilayah Taiwan, Laut China Selatan, Timur Tengah, serta hubungan yang tegang antara Ukraina dan Rusia.

"Kami yakin beliau dapat memperkuat Angkatan Udara sebagai kekuatan yang dihormati. Kami optimis beliau akan melanjutkan modernisasi alutsista dan meningkatkan profesionalisme serta kemampuan para prajurit Angkatan Udara," tutup Anam, yang pernah menjabat sebagai Koordinator PPI Dunia pada periode 2020-2021.

Penunjukan Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara mendapat apresiasi luas, terutama mengingat pengalamannya yang luas dan kemampuannya dalam memahami serta mengatasi situasi geopolitik yang kompleks. Sebagai pimpinan Angkatan Udara, kepemimpinannya diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menjaga kesiapan dan efektivitas Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Dengan demikian, langkah Presiden Jokowi dalam mengangkat Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KASAU tidak hanya diapresiasi oleh Choirul Anam dan Kahmi Eropa Raya, tetapi juga dianggap sebagai langkah yang strategis untuk memperkuat pertahanan udara Indonesia di tengah dinamika global yang semakin kompleks. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES