Peristiwa Internasional

Tentara Israel Mundur dari Khan Younis Namun Tetap Bertahan di Gaza

Senin, 08 April 2024 - 19:54 | 23.48k
Pasukan Pertahanan Israel (IDF) saat di Jalur Gaza pada hari Minggu (7/4/2024).  (Foto: Al Jazeera).
Pasukan Pertahanan Israel (IDF) saat di Jalur Gaza pada hari Minggu (7/4/2024). (Foto: Al Jazeera).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Para tentara Israel menyatakan bahwa mereka telah menarik pasukan darat mereka dari Khan Younis di Gaza. Namun, pasukan Israel masih tetap berada di Gaza dan belum meninggalkan wilayah tersebut.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan pada hari Minggu (7/4/2024) bahwa divisi ke-98 telah menyelesaikan misinya di Khan Younis. Divisi tersebut meninggalkan Jalur Gaza untuk memulihkan diri dan mempersiapkan operasi selanjutnya.

Selain itu, IDF menyatakan bahwa pasukan besar yang dipimpin oleh divisi 162 dan brigade Nahal terus beroperasi di Jalur Gaza. Mereka bertugas untuk memastikan kebebasan bertindak IDF dan kemampuan untuk melakukan operasi berbasis intelijen tetap terjaga.

Menurut Letjen IDF Herzi Halevi bahwa operasi militer di Jalur Gaza akan terus berlanjut setelah penarikan pasukan dari Khan Younis.

"Kami tidak akan membiarkan brigade Hamas aktif di wilayah mana pun di Jalur Gaza. Kami punya rencana dan akan bertindak ketika kami memutuskan," katanya seperti keterangan persnya yang dikutip TIMES Indonesia, Senin (8/4/2024). 

Terlebih lagi, Halevi menegaskan bahwa IDF masih berada di Jalur Gaza dan masih ada banyak tentara di sana.

"Ini adalah perang yang panjang; kita tidak bisa mempertahankan (tingkat) pengerahan pasukan yang sama," ucapnya.

Sisi lain, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengumumkan pada Minggu (7/4/2024) bahwa pasukannya telah keluar dari Gaza untuk menyiapkan misi lanjutan termasuk di daerah Rafah.

"Pasukan keluar dan bersiap sebelum misi lanjutan mereka. Kami melihat contoh aksi misi serupa di Shifa. Dan juga untuk misi lanjutan mereka di wilayah Rafah," imbuhnya saat memberikan sambutan ketika berkunjung ke Komando Selatan Militer. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES