Peristiwa Internasional

Jemaah Haji Diimbau Banyak Minum Air Putih Agar Tidak Dehidrasi

Senin, 13 Mei 2024 - 13:24 | 10.64k
Jemaah haji Indonesia tiba di tanah suci.
Jemaah haji Indonesia tiba di tanah suci.

TIMESINDONESIA, MADINAH – Cuaca panas dan kering di Arab Saudi membuat jemaah haji Indonesia rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, jemaah haji diimbau untuk banyak minum air putih meskipun tidak merasa haus.

Kepala Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKIH) Daker Madinah, Karmijono, menjelaskan bahwa banyak jemaah haji yang tidak sadar sudah mengalami dehidrasi saat beraktivitas di Saudi. Hal ini karena cuaca panas dan kering membuat keringat yang dihasilkan langsung menguap, sehingga jemaah tidak merasa haus.

"Banyak jemaah haji yang tidak sadar sudah mengalami dehidrasi saat beraktivitas di Saudi," ungkap Karmijono, Minggu (12/5/2024) di KKHI Madinah.

Karminjono juga menyampaikan Jemaah Haji Indonesia dapat mengenali tanda-tanda dehidrasi, di antaranya jarang buang air kecil, warna urine kuning tua, dan merasa pusing.

Karmijono menganjurkan jemaah haji untuk minum air zam-zam yang tidak dingin agar bisa langsung diterima dengan baik oleh suhu tubuh. Jemaah haji juga diimbau untuk minum air putih minimal 2 liter per hari, bahkan lebih banyak jika beraktivitas di luar ruangan.

Karmijono juga mengingatkan jemaah haji lansia dan memiliki penyakit bawaan untuk tidak memaksakan diri untuk beribadah sunah agar tidak lelah.

"Tidak ada petugas yang melarang jemaah untuk beribadah tetapi agar jemaah itu juga menyadari kemampuannya sendiri," kata Karmijono.

"Kalau memang sudah lelah, jangan dipaksa, tetap istirahat," tutupnya.

Kemudian, tips yang bisa digunakan untuk menghindari dehidrasi yakni mnum air putih minimal 2 liter per hari, minum air zamzam yang tidak dingin, minum air putih teratur meskipun tidak merasa haus, hindari dari minuman yang manis dan berkafein, makan makanan yang kaya air, isirahat yang cukup, dan ihndari aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Tips-tips di atas, diharapkan jemaah haji dapat terhindar dari dehidrasi dan dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES