Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Tips Bagi Jemaah Haji Indonesia, Lancar Petualangan Spiritual dengan Kenyamanan Terjamin

Senin, 13 Mei 2024 - 15:50 | 11.10k
Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kementerian Agama, Akhmad Fauzin. (Foto: Kemenag RI)
Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kementerian Agama, Akhmad Fauzin. (Foto: Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Sebagai musim haji tahun 2024 dimulai, perhatian terhadap kenyamanan dan keamanan para jemaah haji Indonesia, khususnya para lansia, menjadi fokus utama dalam operasional pemberangkatan bagi Kemenag RI.

Dengan penuh perhatian, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melaporkan bahwa pada hari kedua, sebanyak 12.341 jemaah Indonesia telah tiba di Madinah, memulai perjalanan spiritual mereka menuju Tanah Suci.

Data Siskohat PHU Kemenag RI pada 11.30 WAS, para jemaah haji Indonesia yang terbang terdiri dari 31 kloter. Jemaah haji Indonesia diharapkan untuk menikmati pengalaman beribadah di Masjid Nabawi dan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah sebelum melanjutkan perjalanan ke Makkah. Namun, perhatian terhadap detail-detail kecil menjadi kunci dalam memastikan kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan mereka.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kementerian Agama, Akhmad Fauzin, memberikan imbauan yang bijaksana kepada jemaah. Mulai dari pentingnya mencatat nama dan nomor hotel hingga menggunakan identitas pengenal secara konsisten, setiap langkah diarahkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para jemaah.

Selain itu, Fauzin juga memberikan tips praktis untuk menghadapi cuaca yang panas dan jalanan yang terik. Penggunaan pelembab kulit dan bibir, alas kaki yang nyaman, dan minum air mineral secara teratur menjadi bagian dari persiapan yang penting bagi para jemaah, terutama yang berusia lanjut.

"Jangan ragu untuk meminta bantuan petugas jika mengalami kesulitan," kata Fauzin, Senin (13/5/2024).

Fauzin dengan tegas, menekankan pentingnya kerja sama antara jemaah dan petugas dalam menjalani ibadah haji dengan lancar dan aman.

Untuk mendukung pengetahuan jemaah, Kementerian Agama menyediakan berbagai panduan, termasuk Buku Panduan Manasik Haji dan Video Manasik Haji yang dapat diakses melalui aplikasi PUSAKA. 

Semua persiapan yang matang dan dukungan yang kuat dari pemerintah, diharapkan para jemaah haji Indonesia siap memulai petualangan spiritual mereka dengan keyakinan dan kenyamanan yang terjamin.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES