Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Jemaah Haji Indonesia Diimbau Jaga Paspor dan Hindari Lakban pada Koper

Selasa, 14 Mei 2024 - 19:19 | 21.45k
Kedatangan jemaah haji Indonesia di Bandara AMAA Madinah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Kedatangan jemaah haji Indonesia di Bandara AMAA Madinah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAH – Kadaker Bandara PPIH Arab Saudi, Abdillah, mengimbau jemaah haji Indonesia untuk menjaga paspor mereka dengan baik dan tidak menyerahkannya kepada orang lain. Hal ini penting untuk menghindari keterlambatan dalam proses pemberangkatan dari bandara.

"Jangan sampai paspor dikumpulkan sebelum jemaah sampai ke Arab Saudi dan menaiki bus," tegas Abdillah, Selasa (14/5/2024).

"Pengumpulan paspor hanya boleh dilakukan oleh petugas setelah jemaah turun dari pesawat dan memasuki bus," tambahnya.

Abdillah menjelaskan bahwa pengumpulan paspor di pesawat dapat menyebabkan kesulitan bagi petugas dalam mengidentifikasi jemaah, terutama bagi mereka yang menggunakan jalur fast track. Hal ini dapat memperlambat proses pemberangkatan dan membuat jemaah terlewat dari bus rombongan mereka.

Selain itu, Abdillah juga mengingatkan jemaah untuk tidak melapisi koper mereka dengan lakban. Hal ini dapat membuat koper dicurigai oleh petugas keamanan bandara dan berakibat pada pembongkaran koper yang memakan waktu.

AMAA-Madinah-2.jpg

"Sebaiknya masukkan barang bawaan ke dalam koper dan ikat dengan tali atau karet," saran Abdillah. "Hindari menggunakan lakban karena dapat menimbulkan kecurigaan."

Menurut Abdillah, selama tiga hari terakhir, petugas bandara telah membantu jemaah yang kehilangan paspor dan mengalami kesulitan dengan barang bawaan. Jemaah yang kehilangan paspor dibantu untuk membuat Surat Laksana Pengganti Paspor (SLPP) oleh KJRI.

"Meskipun SLPP dapat menjadi pengganti paspor, namun proses pembuatannya membutuhkan waktu dan dapat membuat jemaah terpisah dari rombongan," jelas Abdillah.

"Oleh karena itu, kami mohon jemaah untuk menjaga paspor mereka dengan baik," pesannya.

Hingga saat ini, proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari Bandara Madinah berjalan lancar. Abdillah berharap jemaah dapat mengikuti imbauan yang telah disampaikan agar proses haji dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES