Peristiwa Internasional

Menyatukan Energi Pemuda: Sinergi Antara GP Ansor dan PPI Dunia

Rabu, 15 Mei 2024 - 23:59 | 13.35k
Addin Jauharudin (Gus Addin) Ketua Umum PP GP Ansor bersama Hamzah Assuudy Lubis, Koordinator PPI Dunia (12/5/2024). (Foto: PPI Dunia)
Addin Jauharudin (Gus Addin) Ketua Umum PP GP Ansor bersama Hamzah Assuudy Lubis, Koordinator PPI Dunia (12/5/2024). (Foto: PPI Dunia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Babak baru dalam memberdayakan pemuda Indonesia secara global sudah dijajaki. Gus Addin, Ketua Umum GP Ansor berencana untuk menyatukan diaspora Ansor di seluruh dunia dan menggandeng PPI Dunia, menandai awal dari sinergi yang kuat antara kedua organisasi ini.

Dalam acara halalbihalal Pimpinan Cabang GP Ansor Malaysia (12/5/2024), Gus Addin menguraikan visi untuk memanfaatkan potensi diaspora Ansor di 20 negara. Visi ini tidak hanya bertujuan untuk memajukan anggota NU muda dalam berbagai bidang seperti teknologi dan lingkungan, tetapi juga untuk membangun kemitraan strategis dengan negara-negara kunci di berbagai belahan dunia.

Koordinator PPI Dunia, Hamzah Assuudy Lubis, menyambut baik inisiatif ini. “Visi beliau sejalan dengan komitmen kita untuk memberdayakan pemuda Indonesia secara global. Kolaborasi antara dua oragnisasi ini akan menjadi pemicu inovasi dan kemajuan, tidak hanya bagi diaspora Ansor, tetapi juga bagi Indonesia secara keseluruhan,” ungkapnya.

Di bawah kepemimpinan Gus Yaqut, GP Ansor telah melangkah maju dengan membentuk enam cabang PC di luar negeri. Langkah ini telah memberikan landasan bagi ekspansi internasional yang lebih luas, memperluas jaringan mereka di negara-negara seperti Arab Saudi, Korea Selatan, dan Mesir.

Melalui kemitraan antarakeduanya, pemuda Indonesia di seluruh dunia memiliki kesempatan untuk bersatu dalam menjemput Indonesia Emas 2045. Inisiatif seperti pertemuan diaspora Ansor global akan menjadi platform penting untuk pertukaran gagasan, kolaborasi lintas-budaya, dan penciptaan solusi inovatif yang relevan dengan tantangan masa kini.

Dalam langkah menuju visi bersama untuk memperkuat peran pemuda Indonesia di panggung global, keduanya juga menggarisbawahi pentingnya pembangunan karakter dan kepemimpinan yang berbasis pada nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan. Dengan memperkuat identitas dan kesadaran akan warisan budaya dan keagamaan Indonesia, pemuda diaspora Ansor dapat menjadi duta yang efektif dalam mempromosikan toleransi, perdamaian, dan kerjasama lintas-budaya di negara-negara tempat mereka berada.

Selain itu, upaya bersama ini juga membangun fondasi untuk mendukung pengembangan karier profesional dan kewirausahaan bagi pemuda Indonesia di mancanegara, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang berdaya saing tinggi dalam kancah global. Dengan sinergi antara GP Ansor dan PPI Dunia, diharapkan akan lahir generasi pemimpin yang tidak hanya mampu bersaing di panggung global, tetapi juga memiliki komitmen yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara.

Kesatuan energi pemuda dari berbagai belahan dunia, melalui GP Ansor dan PPI Dunia, adalah langkah menuju masa depan yang lebih cerah. Dengan memanfaatkan keahlian dan jaringan global yang dimiliki oleh kedua organisasi ini, para pemuda dapat menghadapi tantangan global dengan lebih efektif dan memajukan Indonesia menuju panggung dunia yang lebih besar.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES