Peristiwa Internasional

36.162 Jemaah Haji Indonesia Berangkat ke Madinah di Gelombang Pertama

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:58 | 11.33k
Kedatangan Jemaah Haji Indonesia. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Kedatangan Jemaah Haji Indonesia. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, MADINAH – Gelombang pertama keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Madinah semakin mendekati akhir. Data Siskohat Kementerian Agama RI menunjukkan bahwa pada 16 Mei 2024 pukul 14.00 WAS, sebanyak 36.162 jemaah haji dari 93 kloter telah diberangkatkan ke Madinah.

Angka ini menunjukkan lonjakan signifikan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Pada 15 Mei 2024, tercatat 24.224 jemaah haji yang telah tiba di Madinah. 

Dengan demikian, dalam dua hari terakhir, lebih dari 11.938 jemaah haji Indonesia telah mendarat di Tanah Suci.

Keberangkatan jemaah haji ini disambut hangat oleh para petugas haji Indonesia di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Petugas membantu jemaah dalam proses imigrasi, pemeriksaan kesehatan, dan pengurusan barang bawaan.

Setelah menyelesaikan proses administrasi, jemaah haji akan diantar ke hotel masing-masing untuk beristirahat sebelum memulai rangkaian ibadah haji.

Dengan diberangkatkannya 93 kloter ini, gelombang pertama keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Madinah hampir tuntas. Diperkirakan masih ada beberapa kloter lagi yang akan menyusul dalam beberapa hari ke depan.

Gelombang pertama ini terdiri dari 229 kloter dengan total 87.502 jemaah haji. Jemaah haji dari gelombang pertama ini akan melaksanakan ibadah di Madinah selama 9 hari sebelum diberangkatkan ke Mekkah untuk melaksanakan puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Kementerian Agama RI terus memberikan pesan penting kepada jemaah haji agar menjaga kesehatan, stamina, dan fokus dalam melaksanakan ibadah haji. Jemaah haji juga diimbau untuk mengikuti arahan dan aturan yang berlaku di Arab Saudi, agar menjadi haji mabrur.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES