Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Jeemaah Haji Indonesia Diberangkatkan ke Makkah 20 Mei 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:14 | 13.78k
Jemaah Haji Indonesia saat antre memasuki Raudhah di Masjid Nabawi. (FOTO: MCH 2024 Kemenag RI)
Jemaah Haji Indonesia saat antre memasuki Raudhah di Masjid Nabawi. (FOTO: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTAJemaah haji Indonesia gelombang pertama akan segera didorong dari Madinah Al-Munawwarah menuju Makkah Al-Mukarramah pada tanggal 20 Mei 2024. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah sedang intensif mempersiapkan pemberangkatan ini.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Makkah, jemaah dari Madinah akan mengambil Miqat Umrah terlebih dahulu di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali.

“Dalam perjalanan dari Madinah menuju Makkah, jemaah haji akan terlebih dahulu mengambil Miqat Makani (tempat) untuk berihram di Masjid Dzulhulaifah atau lebih dikenal dengan sebutan Bir Ali,” kata Tim Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda saat membacakan keterangan resmi Kementerian Agama di Jakarta, Minggu (19/05/2024).

“PPIH Arab Saudi Daker Madinah terus melakukan persiapan teknis dan koordinasi intensif agar proses tahapan ini berjalan lancar,” tambahnya.

Widi menyampaikan, PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Makkah juga tengah bersiap menyambut kedatangan jemaah dari Madinah ke Kota Makkah. “Untuk akomodasi jemaah, tercatat ada 170 hotel yang telah disewa dengan skema full musim. Pemondokan ini tersebar di lima wilayah, yaitu Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan juga Ray Bakhs,” ucapnya.

Hotel-hotel yang menjadi pemondokan jemaah, lanjutnya, telah dilengkapi dengan fasilitas ramah lansia dan disabilitas, seperti kursi tunggu prioritas ramah lansia, lift untuk lansia, kamar mandi, dan sebagainya.

“Penanda dan stiker-stiker imbauan untuk prioritas lansia dan disabilitas juga sudah dipasang,” katanya.

“Selain penyiapan pemondokan, sarana transportasi bus shalawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya, serta layanan katering jemaah telah disiapkan PPIH Arab Saudi Daker Makkah,” lanjutnya.

Jemaah haji, ujar Widi, agar bersiap diri dengan menjaga kesehatan, segera menghubungi petugas kesehatan yang ada di setiap sektor bila mengalami keluhan kesehatan sehingga memperoleh penanganan yang cepat.

“Memperhatikan asupan makanan dan gizi dan istirahat yang cukup. Minum air yang cukup agar tidak dehidrasi, terlebih saat ini suhu di Kota Madinah mencapai 38 derajat Celsius,” ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES