Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Gelombang Kedua Siap Berangkat, Jemaah Haji Indonesia Diimbau Pakai Ihram

Senin, 20 Mei 2024 - 13:14 | 11.24k
Jemaah Haji Indonesia tiba di Bandara AMAA Madinah. (FOTO: MCU 2024 Kemenag RI)
Jemaah Haji Indonesia tiba di Bandara AMAA Madinah. (FOTO: MCU 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Fase keberangkatan jemaah haji Indonesia dalam gelombang kedua dari Tanah Air menuju Arab Saudi akan segera dimulai. Kementerian Agama memberikan imbauan agar para jemaah haji yang akan berangkat pada gelombang kedua sudah memakai kain ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air.

Perjalanan jemaah haji gelombang kedua direncanakan berlangsung dari 24 Mei hingga 10 Juni 2024. Mereka akan terbang dari embarkasi di Tanah Air dan mendarat di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah.

"Jemaah haji gelombang kedua yang tiba di Bandara Jeddah, kami imbau agar sudah menggunakan pakaian ihram sejak di embarkasi," ungkap Abdillah di Madinah (19/5/2024).

"Sejak di embarkasi, jemaah sudah menggunakan kain ihram. Dengan demikian, ketika tiba di Bandara Jeddah, mereka hanya perlu berniat umrah saja, langsung diberangkatkan ke Makkah," tambahnya.

Abdillah juga menjelaskan bahwa prosedur kedatangan jemaah haji yang telah ditetapkan oleh Kementerian Haji membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 60 menit untuk keluar dari bandara setelah mendarat.

Ia menegaskan kembali pentingnya bagi jemaah haji untuk memakai kain ihram sejak dari embarkasi, sehingga mereka dapat melaksanakan niat, baik di pesawat saat berada di Yalamlam maupun saat tiba di Bandara Jeddah.

Sementara itu, jemaah haji yang sudah mendarat di Madinah sebanyak 139 kelompok terbang (kloter) dengan total sekitar 54.000 jemaah. Mereka akan segera didorong ke Makkah mulai tanggal 20 Mei 2024 setelah berada di Madinah selama sekitar sembilan hari.

Jemaah haji yang didorong ke Makkah akan mengenakan kain ihram sejak dari hotel di Madinah, menuju Bir Ali untuk berniat ihram sebelum diberangkatkan ke Makkah guna melaksanakan ibadah umrah wajib. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES