Peristiwa Internasional

PPI Turki Usung PIJAR: Tonggak Baru dalam Publikasi Akademik Mahasiswa Indonesia

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:59 | 21.88k
PIJAR. (Foto: PPI Turki)
PIJAR. (Foto: PPI Turki)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perkembangan akademik internasional baru saja menyambut kehadiran PIJAR, sebuah jurnal multidisiplin yang diterbitkan oleh Pusat Studi Perhimpunan Pelajar Indonesia atau PPI Turki. Jurnal ini diluncurkan pada Ahad, 19 Mei 2024, dengan misi untuk memfasilitasi para peneliti dan profesional dari berbagai bidang dalam menyebarkan temuan-temuan penelitian inovatif mereka.

Komitmen terhadap Keunggulan Akademik

PIJAR merupakan inisiatif pertama dari komunitas PPI yang memiliki web E-jurnal Internasional. Kehadirannya menjadi bukti dedikasi para pelajar Indonesia di luar negeri untuk berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan global. Menurut Editor in Chief PIJAR, jurnal ini didirikan dengan tujuan mendukung akademisi dan praktisi dari seluruh dunia, bukan hanya dari Turki dan Indonesia, untuk mempublikasikan penelitian dan usaha ilmiah mereka.

Proses Tinjauan yang Ketat

Untuk menjamin kualitas publikasi, PIJAR menerapkan sistem double-blind review. Ini berarti setiap artikel yang masuk akan ditinjau oleh dua penelaah anonim untuk memastikan objektivitas dan mutu tinggi. Jurnal ini menerima artikel untuk diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.

Spektrum Keilmuan yang Luas

Fokus dan ruang lingkup PIJAR mencakup berbagai bidang ilmu pengetahuan, mulai dari Ilmu Sosial, Humaniora, Ilmu Pengetahuan Alam, Teknologi, Teknik, Ekonomi, Pendidikan, Seni dan Sastra, hingga Teologi dan Ilmu Kesehatan. Dengan cakupan yang begitu luas, PIJAR menyediakan platform bagi penelitian dari berbagai perspektif dan disiplin ilmu untuk berkembang.

Kontribusi Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri

Langkah Pusat Studi PPI di Turki untuk menerbitkan PIJAR merupakan kemajuan luar biasa bagi pelajar diaspora Indonesia. Jurnal ini tidak hanya menjadi wadah akademis tetapi juga simbol kontribusi mereka terhadap dunia ilmu pengetahuan. PIJAR membuka peluang bagi para peneliti di kancah internasional dan nasional untuk menyebarluaskan temuan-temuan mereka yang inovatif dan bermanfaat.

Visi untuk Masa Depan

Dengan hadirnya PIJAR, diharapkan jurnal ini dapat memperluas zona pengaruh akademis Indonesia di tingkat internasional. Memberikan kesempatan bagi peneliti untuk mempublikasikan karya-karya mereka yang berkualitas tinggi, PIJAR menjadi sarana penting dalam mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan kolaborasi global.

Melalui PIJAR, PPI Turki menunjukkan bahwa komunitas mahasiswa Indonesia memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dunia. Kehadiran jurnal ini tidak hanya sebagai pencapaian akademis tetapi juga sebagai inspirasi bagi generasi berikutnya dalam mengejar pengetahuan dan inovasi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES