Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Masalah Penerbangan Jemaah Haji Indonesia, Keterlambatan Tinggi hingga Pecah Kloter

Rabu, 22 Mei 2024 - 21:43 | 13.78k
Jemaah haji Indonesia yang baru tiba di Bandara AMAA Madinah. (FOTO: MCH 2024 Kemenag RI)
Jemaah haji Indonesia yang baru tiba di Bandara AMAA Madinah. (FOTO: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama mencatat masih terjadi sejumlah persoalan pada penerbangan Garuda Indonesia dalam fase pemberangkatan jemaah haji ke Madinah.

Meski telah dilayangkan teguran tertulis pada 16 Mei lalu, Kementerian Agama menyatakan belum adanya perbaikan layanan yang signifikan.

Menurut Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie, manajemen Garuda Indonesia dinilai gagal memberikan layanan terbaik kepada jemaah.

Anna Hasbie menjelaskan bahwa terdapat beberapa masalah yang terjadi sejak 12 Mei 2024, di antaranya adalah kerusakan mesin pesawat, keterlambatan penerbangan, pecah kloter, dan ketidakterbawaan tas kabin dan kursi roda jemaah.

"Pertama, kerusakan mesin pesawat yang terjadi di Embarkasi Makassar. Kondisi ini berdampak domino pada keterlambatan penerbangan berikutnya. Kedua, keterlambatan penerbangan yang mencapai 47,5%, dengan sejumlah penerbangan mengalami keterlambatan hingga 3 jam 50 menit. Ketiga, pecah kloter yang terjadi pada beberapa penerbangan, menyebabkan jemaah tidak bisa diterbangkan bersama-sama. Keempat, tas kabin dan kursi roda jemaah yang tidak terbawa, menyebabkan ketidaknyamanan bagi jemaah," ungkap Anna.

Anna menambahkan bahwa penerbangan yang pecah kloter telah merugikan jemaah, seperti yang dialami oleh kloter 28 Embarkasi Solo (SOC 28) yang kehilangan 11 kursi roda dan 120 koper kabin.

"Ini jelas merugikan jemaah SOC 28. Garuda harus meminta maaf dan memberikan kompensasi langsung kepada jemaah," tegas Anna.

Kementerian Agama menegaskan bahwa perbaikan layanan dari Garuda Indonesia perlu segera dilakukan untuk menghindari terulangnya masalah yang sama di masa mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES