Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Hati-hati! Ada Larangan Khusus Berihram yang Wajib Diketahui Jemaah Haji

Rabu, 29 Mei 2024 - 14:16 | 10.78k
Jemaah haji harus mematuhi aturan penggunaan ihram selama menjalankan ibadah haji. (foto: dok TIMES Indonesia)
Jemaah haji harus mematuhi aturan penggunaan ihram selama menjalankan ibadah haji. (foto: dok TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTAHaji adalah ibadah yang memiliki rangkaian penting yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah ihram. Nah, saat berihram, ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh jemaah. Yuk, simak supaya ibadah kita sah dan lancar!

Anggota Media Center Widi Dwinanda mengatakan, memahami tentang ketentuan dalam ihram sangat penting bagi jemaah, termasuk larangan-larangan berihram. Ia menyebut sejumlah larangan berihram yang harus jadi perhatian jemaah, yaitu memakai baju berjahit yang membentuk anggota badan (untuk laki-laki). 

Larangan Umum untuk Jemaah Haji

Menjaga penampilan: Jemaah laki-laki dilarang memakai pakaian berjahit yang membentuk badan. Sementara jemaah perempuan menghindari menutup telapak tangan dengan kaos tangan.

Menjaga kebersihan: Memotong kuku, mencukur rambut atau bulu badan memang dianjurkan. Tapi saat ihram, kegiatan tersebut justru dilarang.

Menjaga perilaku: Jemaah harus menghindari perbuatan tercela seperti berkata kotor, bertengkar, dan mengganggu binatang kecuali yang membahayakan.

Menjaga hubungan: Menikah, menikahkan, atau melamar saat ihram tidak diperbolehkan.

Larangan Khusus untuk Jemaah Laki-laki

Menutup kepala: Peci, sorban, dan topi sebaiknya tidak digunakan saat ihram.

Memakai wewangian: Gunakan wewangian secukupnya sebelum niat ihram. Setelahnya, hindari pemakaian wewangian tambahan.

Sepatu dan kaos kaki: Pilihlah sepatu dan kaos kaki yang tidak menutupi mata kaki dan tumit.

Tips untuk Jemaah Haji

Menjelang puncak haji, ada baiknya para jemaah kembali mempelajari manasik haji. Kementerian Agama menyediakan berbagai sumber belajar seperti buku panduan, video, dan konsultasi dengan pembimbing.

“PPIH mengimbau kepada jemaah, di sela waktu menunggu puncak haji mendatang agar kembali membaca dan mengaji manasik hajinya melalui buku manasik haji,” sambungnya. 

Menurutnya, Kementerian Agama telah menyediakan buku panduan manasik haji, buku panduan manasik haji bagi lansia, serta video manasik haji yang dapat dilihat di aplikasi Pusaka Kementerian Agama yang dapat diunduh di Play Store dan App Store. 

“Jemaah juga dapat melakukan konsultasi ibadah kepada para pembimbing ibadah kloter dan pembimbing ibadah yang ada di setiap sektor,” ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES