Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Kedatangan 107 Petugas Haji Tambahan di Jeddah, Fokus Hadapi Puncak Musim Haji

Rabu, 29 Mei 2024 - 15:05 | 12.71k
Ketua Dalgas Petugas Haji Indonesia, Hasan Basri Sagala. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Ketua Dalgas Petugas Haji Indonesia, Hasan Basri Sagala. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAH – Sebanyak 107 petugas haji tambahan tiba di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah pada 28 Mei 2024. Para petugas ini terdiri dari enam orang tim monitoring dan evaluasi (monev), empat kepala bidang, dan 97 petugas tambahan lainnya.

Mereka akan disebar ke tiga daerah kerja (daker), yaitu 65 orang di Makkah, 18 petugas di Bandara, dan 14 lainnya di Madinah.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dalgas Petugas Haji Indonesia, Hasan Basri Sagala, setibanya di Jeddah. Hasan menjelaskan bahwa para petugas ini akan ditempatkan di berbagai bidang yang mencakup layanan untuk lansia, akomodasi, dan transportasi.

"Seluruh petugas sudah mendapatkan surat keputusan (SK) dan akan ditempatkan di seluruh sektor di tiga daker, antara lain Bandara, Makkah, dan Madinah," ujarnya kepada Tim Media Center Haji (MCH).

Fokus utama penugasan petugas ini adalah pada puncak musim haji, terutama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Sebanyak 500 petugas tambahan akan difokuskan ke Armuzna untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ibadah haji," terang Hasan.

"Secara khusus, petugas nanti akan ditetapkan sesuai dengan Satuan Operasi (Satop). Satop yang kita buat akan lebih banyak ditugaskan khusus untuk di puncak haji, Armuzna. Karena ibaratnya lokus perang kita untuk menyukseskan Armuzna."

Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) juga telah melakukan rapat secara daring dengan seluruh daker untuk memastikan kesiapan petugas dan kelancaran pelaksanaan haji.

"Tujuan petugas di sini adalah untuk melayani jemaah dengan sebaik-baiknya," kata Hasan.

Tim Monev ingin memastikan seluruh layanan, kontrak, dan segmen haji berjalan dengan baik sesuai amanat undang-undang.

Rombongan pertama petugas tambahan ini kemudian diberangkatkan ke Makkah. Sementara rombongan kedua petugas haji Indonesia tambahan akan menyusul pada 1 Juni mendatang, yang terdiri dari berbagai bidang termasuk kesehatan, bimbingan ibadah, dan keamanan.

"Dengan kesiapan dan komitmen para petugas haji Indonesia, diharapkan penyelenggaraan haji tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses," pungkasnya.

Kedatangan petugas haji tambahan ini menjadi bagian penting dalam memastikan semua kebutuhan dan layanan bagi jemaah haji dapat terpenuhi dengan baik. Dengan demikian, pelaksanaan ibadah haji dapat dilakukan dengan lancar, aman, dan nyaman, sesuai dengan harapan seluruh jemaah haji Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES