Peristiwa Internasional

P3I Azerbaijan Kenalkan Budaya Indonesia di Khazar University

Kamis, 30 Mei 2024 - 23:50 | 22.57k
Foto pelajar Indonesia bersama pelajar Afghanistan, Ghana, dan Malaysia. (Foto: P3I Azerbaijan)
Foto pelajar Indonesia bersama pelajar Afghanistan, Ghana, dan Malaysia. (Foto: P3I Azerbaijan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Persatuan Pelajar dan Pemuda Indonesia yang dikenal juga sebagai P3I Azerbaijan ikut memeriahkan festival budaya bertajuk “International Culture Day” yang diselenggarakan oleh Khazar University, Baku (21/5/2024). Acara yangdilaksanakan di Marble Hall, Khazar University ini merupakan kelanjutan dari acara Indonesia Cultural Day pada tahun 2023 yang telah sukses dilaksanakan.

Sebagai informasi, tahun 2024 ini, festival budaya ditampilkan oleh 9 negara termasuk Indonesia, Malaysia, Pakistan, Ghana, Sierra Leone, Maroko, China, Afghanistan, dan Azerbaijan.

Pada acara budaya internasional tersebut P3I Azerbaijan mendapatkan dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Baku untuk menampilkan budaya Indonesia. Dalam hal ini, Diplomat Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Baku, Ibu Wanda Widya juga ikut hadir dalam acara tersebut.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya menggema di telinga seluruh hadirin saat acara pembukaan. Keindahan Negeri Katulistiwa juga dipamerkan saat acara tersebut melalui video pendek.

Memperkuat suasana budaya Indonesia, angklung pun dimainkan dengan aransemen musik ala Azerbaijan. Seni beladiri Pencak Silat menggunakan Kris dan Kerambit yang mana keduanya merupakan senjata tradisional Indonesia juga dihadiirkan.

P3I-Azerbaijan-Kenalkan-Budaya-Indonesia-di-Khazar-University-a.jpg

Dalam hal ini, Ketua Umum P3I Azerbaijan membuka pertunjukan budaya Indonesia dengan pengenalan terkait Angklung dan Pencak Silat yang sudah disematkan sebagai Intagible Heritage oleh UNESCO kepada hadirin.
Tak hanya pakaian adat dan seni budaya, makanan khas Indonesia seperti Siomay, Kue Pukis dan aneka Gorengan juga disajikan untuk para pengunjung acara.

“Keterlibatan P3I Azerbaijan dalam acara International Culture Day ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk berperan sebagai non-state actor dalam cultural diplomacy," ungkapnya.

Dirinya juga menegaskan pengenalan Indonesia pada masyarakat internasional secara umum dan masyarakat Azerbaijan secara khusus pada lingkup universitas menjadi salah satu alat efektif untuk hal ini.

"Sebab pada dasarnya, pengetahuan masyarakat Azerbaijan terhadap Indonesia bisa dibilang masih tergolong sedikit”, tambah Brilliant Windy Khairunnisa selaku Ketua Umum P3I Azerbaijan.

Penampilan seni dan budaya Indonesia disambut dengan baik dan meriah oleh seluruh hadirin yang terdiri dari Rektorat, Dekanat, jajaran pengurus universitas dan seluruh pelajar di Khazar University. Keterlibatan P3I Azerbaijan dalam acara ini juga diharapkan dapat menjadi jembatan untuk membentuk kesan atau international image yang baik terhadap Indonesia. Pagelaran seni dan budaya ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES