Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Satgas Haji Pastikan Kenyamanan dan Keamanan Jamaah

Jumat, 31 Mei 2024 - 13:13 | 10.24k
Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) PPIH Arab Saudi, Kolonel Laut (KH) Harun Arrasyid. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) PPIH Arab Saudi, Kolonel Laut (KH) Harun Arrasyid. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAH – Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) PPIH Arab Saudi, Kolonel Laut (KH) Harun Arrasyid, menyampaikan petugas haji yang tiba di Mekkah membawa misi khusus yakni memastikan kenyamanan dan keamanan jemaah haji Indonesia. Lebih dari 300 petugas saat ini telah dikerahkan ke sektor-sektor strategis di Mekkah, Madinah, dan bandara.

Selain itu, telah datang juga para petugas baru yang tidak hanya ditempatkan sebagai tambahan, tetapi juga sebagai kekuatan utama yang mengisi pos-pos penting di Armuzna dan Jamarot. 

"Setiap petugas memiliki tanggung jawab besar di pos-pos, termasuk jamarot, serta pos rute 1 hingga 10. Tugas mereka krusial untuk memastikan kelancaran ibadah," ujar Kolonel Harun, Jumat (31/5/2024). 

Harun juga menyampaikan ada penguatan layanan di Masjidil Haram. Sembilan pos pemantauan di Masjidil Haram telah diaktifkan untuk memberikan pengawasan dan layanan kepada jamaah. Petugas di Madinah juga berperan aktif dengan ditempatkan di sektor-sektor Mekkah, memastikan segala kebutuhan jamaah terpenuhi.

"Kami tidak hanya mengawasi, tetapi juga memastikan jamaah mendapatkan fasilitas terbaik," tambah Kolonel Harun.


Skema Pergeseran Jamaah Haji Indonesia

Harun menjelaskan saat proses perpindahan jemaah haji Indonesia dari Madinah ke Makkah masih berlangsung. Petugas terus berupaya memberikan pelayanan terbaik demi kelancaran ibadah haji bagi para jemaah. 

"Setiap pergeseran jamaah dari Madinah ke Mekkah dipantau dengan ketat," jelas Kolonel Harun.

Tim perlindungan jamaah diberikan arahan khusus untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Persiapan matang dilakukan, mulai dari transportasi hingga penempatan di hotel transit.


Kesiapan untuk Puncak Haji

Menjelang puncak haji di Armuzna, petugas telah menjalani orientasi dan gladi bersih. Mereka ditempatkan di hotel transit sebelum melanjutkan tugas ke lapangan. 

"Dengan 30 titik khusus di Mina dan pos-pos di Armuzna, kami siap memberikan pelayanan terbaik," ujar Kolonel Harun.


Pelayanan Prima dan Arahan Khusus

Dengan penugasan strategis dan pelatihan intensif, Kolonel Harun optimistis bahwa pelaksanaan haji tahun ini akan sukses besar.

"Petugas memahami perannya dengan baik. Kami siap memberikan pelayanan optimal dan memastikan kenyamanan serta keselamatan setiap jamaah," tegasnya.

Jamaah diimbau untuk selalu mengikuti arahan petugas di lapangan agar ibadah haji dapat berjalan dengan lancar dan khidmat.

"Kami ada di sini untuk melayani dan memastikan setiap jamaah dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang," tutup Kolonel Harun.

Dengan dedikasi tinggi dan persiapan matang, Satgas Haji berkomitmen untuk memberikan pengalaman ibadah haji yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh jamaah. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES