Peristiwa Internasional Info Haji 2024

DPR RI Soroti Antrean Panjang, Ingatkan Masalah Penumpukan Jemaah Haji

Rabu, 05 Juni 2024 - 15:22 | 13.21k
Ketua Komisi VIII DPR RU, Ashabul Kahfi. (FOTO: DPR RI)
Ketua Komisi VIII DPR RU, Ashabul Kahfi. (FOTO: DPR RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi, menyoroti tingginya animo masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah haji, yang menyebabkan antrean yang begitu panjang. Saat ini, jutaan orang mendaftar untuk berangkat haji setiap tahunnya, meskipun kuota tahunan hanya mencapai ratusan ribu.

"Animo yang begitu besar ini menimbulkan masalah. Terjadilah antrean yang begitu panjang. Hari ini saja kan ada kurang lebih 5,3 juta calon jemaah haji yang sudah mendaftar. Nah, antrean panjang ini, berefek kepada lawannya mereka harus menunggu," ujar Ashabul saat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada Selasa (4/6/2024).

Ashabul menjelaskan bahwa di Indonesia, seseorang yang mendaftar haji tahun ini kemungkinan baru bisa berangkat 20 tahun kemudian, bahkan ada yang harus menunggu hingga 40 tahun. Namun, hingga saat ini, pemerintah belum menemukan solusi efektif untuk mengatasi antrean haji yang panjang.

"Kuota daya tampung di Arab Saudi hanya 2 juta hingga maksimal 3 juta. Tetapi karena antrean yang begitu panjang, maka muncul lah upaya solusi lain yang ditempuh para calon jemaah ini, tentu melalui jalur travel, dan lain-lain untuk bisa berhaji dengan menggunakan visa non haji. Karena kalau pakai visa haji kan enggak mungkin," tambah Ashabul.

Menurutnya, banyak orang yang belum berkesempatan berhaji, namun menggunakan visa non haji seperti umrah hingga ziarah. Meskipun Arab Saudi tidak mempermasalahkan penggunaan visa non haji untuk berkunjung, Indonesia mengalami kesulitan mengontrol masyarakat yang ingin naik haji.

"Kalau semua berangkat dengan berbagai visa, akhirnya jumlah haji menumpuk dan sulit dikontrol. Dan ini mengancam keselamatan jemaah," imbuhnya.

Pemerintah terus melakukan evaluasi dan mencari solusi untuk mengatasi masalah antrean haji yang panjang, demi menjaga kenyamanan dan keselamatan para calon jemaah haji Indonesia. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES