Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Hilal Dzulhijjah Terlihat, Otoritas Arab Saudi Tetapkan Hari Arafah Jatuh pada 15 Juni 2024

Sabtu, 08 Juni 2024 - 13:03 | 9.91k
Jemaah beribadah thawaf di sekeliling Kabah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Jemaah beribadah thawaf di sekeliling Kabah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Otoritas Arab Saudi telah berhasil memantau hilal bulan Dzulhijjah 1445 H di beberapa daerah, dan akhirnya awal bulan haji ini dapat ditetapkan. Hilal terlihat pada Kamis sore (6/6/2024) waktu setempat, sehingga Mahkamah Arab Saudi menetapkan bahwa 1 Dzulhijjah 1445 H jatuh pada Jumat (7/6/2024). Dengan demikian, hari Arafah (9 Dzulhijjah 1445 H) akan bertepatan dengan Sabtu (15/6/2024).

Menurut akun resmi Haramain, seorang saksi melaporkan bahwa hilal Dzulhijjah terlihat di daerah al-Hareeq. Sebelumnya, beberapa pengamatan di daerah lain seperti Tumair dan Sudair menyatakan bahwa hilal tidak dapat terlihat.

Namun, karena ada hakim yang berhasil melihat hilal di daerah tertentu, Mahkamah Arab Saudi mempertimbangkan hasil observasi tersebut sebelum membuat keputusan final.

"Mahkamah Agung sedang mempertimbangkan hasil observasi hari ini," tulis akun resmi Haramain.

Beberapa waktu kemudian, Mahkamah Kerajaan mengeluarkan pernyataan resmi: "Besok Jumat awal bulan Dzulhijjah dan sidang di Arafah pada Sabtu, 15 Juni 2024."

Dengan penetapan ini, jemaah haji di seluruh dunia kini memiliki kepastian mengenai waktu pelaksanaan puncak haji, yaitu wukuf di Arafah yang merupakan rukun haji paling penting.

Penetapan ini juga menandai persiapan intensif yang harus dilakukan oleh seluruh pihak terkait, baik di Arab Saudi maupun negara asal jemaah haji.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES