Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban di Arab Saudi Tambah Stok

Minggu, 09 Juni 2024 - 17:09 | 11.38k
Penjualan hewan kurban di Catle Market Jeddah, Arab Saudi. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Penjualan hewan kurban di Catle Market Jeddah, Arab Saudi. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Cattle Market Jeddah, menjadi pasar hewan kurban terbesar di Arab Saudi yang terletak di Jalan Al Khumrah, As-Suroriyah, Kota Jeddah. Pasar ini menjual beragam hewan kurban seperti kambing, domba, sapi, dan unta.

Pasar yang dibangun lebih dari 30 tahun lalu ini menjadi favorit warga Jeddah. Seluruh hewan telah diperiksa oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi, sehingga hewan terjamin kualitasnya sesuai syariat.

Penjual Hewan Kurban Cattle Market Jeddah, Abdul Ali memastikan semua hewan kurban yang dijual sehat dan terjamin secara syariat. 

“Kami punya dokter di tempat potong kurban kami. Jika pelanggan menemukan masalah, kami siap bertanggung jawab dan kami memiliki sertifikat dari pihak berwenang. Hewan kami pastikan sehat," kata Ali. 

Ali menambahkan jika ada yang erasa kecewa dengan ketidaksesuaian hewan yang dipesan, pelanggan dapat menukar kambing yang diinginkan secara gratis.

"Pengecekan dokter hewan pun bagian dari fasilitas, tidak ada biaya," kata Ali.

Kambing-Kurban.jpg

Banyak pembeli yang menjadi pelanggan tetap di pasar ini karena mereka percaya dengan kualitas hewan yang dijual. Pembeli akan memesan jumlah hewan terlebih dahulu, kemudian datang untuk memilih hewan dan melakukan pembayaran. Pemotongan dan pendistribusian hewan akan dipercayakan kepada pihak penjual sesuai permintaan pembeli.

Sementara itu, pembeli hewan kurban, Aiman, mengakui bahwa hewan yang dijual di sini sudah banyak diminati sebagian warga Jeddah, Arab Saudi. :  

“Orang Mekkah, Barmawi, Jizan, dan orang Bengali sering membeli di sini, kualitas hewannya terjamin. Orang banyak membeli domba dan unta untuk hewan kurban," kata Aiman. 

"Anda tidak akan menemukan pasar selengkap ini. Harga di sini, jika saya membeli lebih dari satu dan menjadi pelanggan tetap, akan mendapatkan potongan harga," tambahnya. 

Harga hewan kurban di Arab Saudi relatif lebih murah dibanding di tanah air, yaitu kambing dan domba sekitar 600 sampai 700 riyal, sapi kisaran 3000 sampai 4000 riyal, sedangkan unta 5000 sampai 7000 riyal. Sapi didatangkan dari peternak lokal, sebagian diimpor dari Somalia dan Sudan.

Pembeli akan ramai berdatangan beberapa hari menjelang Idul Adha. Kebanyakan pembeli di Arab Saudi adalah instansi pemerintah, keluarga kerajaan, atau perusahaan swasta. Pasar beroperasi setiap hari dari jam 6 pagi sampai 9 malam. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES