Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Kereta Cepat Haramain Transformasi Transportasi Haji di Arab Saudi

Selasa, 11 Juni 2024 - 22:30 | 14.39k
Haramain High Speed Railway. (Foto: Reuters)
Haramain High Speed Railway. (Foto: Reuters)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Dahulu, jemaah haji harus menempuh perjalanan panjang dan melelahkan dengan berjalan kaki untuk mencapai kota suci Makkah. Kini, dengan perkembangan teknologi dan infrastruktur, mereka dapat menikmati perjalanan yang jauh lebih cepat dan nyaman menggunakan Haramain High Speed Railway (HHSR) atau Kereta Cepat Haramain sebuah kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan Makkah dan Madinah melalui Jeddah.

Kecepatan dan Kenyamanan HHSR

Haramain High Speed Railway, salah satu dari 10 kereta tercepat di dunia, melesat melintasi gurun dengan kecepatan hingga 300 kilometer per jam. Kereta ini melayani sekitar 50 perjalanan setiap hari, menghubungkan berbagai kota penting di Arab Saudi seperti Makkah, Madinah, Jeddah, dan King Abdullah Economic City (KAEC). 

Calon penumpang dapat membeli tiket HHSR melalui aplikasi HHR Train yang tersedia dalam bahasa Inggris dan Arab di App Store dan Play Store. Tiket ekonomi untuk rute Jeddah Al-Suleimanyah ke KAEC dihargai sekitar 57,50 riyal Saudi (Rp 248 ribu), sementara tiket kelas bisnis sekitar 97,75 riyal (Rp 424 ribu).

Aplikasi ini mempermudah pemilihan tempat duduk, memastikan penumpang mendapatkan kenyamanan maksimal selama perjalanan.

Dengan tambahan kereta untuk musim haji, Haramain Railway memastikan semua jemaah dapat menikmati perjalanan yang lancar dan nyaman.

Sistem ini didukung oleh jaringan jalan dan kereta api yang terhubung dengan baik, serta layanan shuttle bus yang memudahkan mobilitas jemaah di berbagai lokasi ibadah haji.

Menariknya, sejak Januari 2023, kereta ini juga bisa dikemudikan oleh masinis perempuan, menandai kemajuan signifikan dalam inklusivitas gender di Arab Saudi.

Pemerintah Saudi juga memiliki rencana ambisius untuk mengembangkan jalur kereta api berkecepatan tinggi sepanjang 8.000 kilometer di seluruh negeri, memperluas aksesibilitas dan efisiensi transportasi di masa depan.

Dengan segala persiapan dan fasilitas yang disediakan, Arab Saudi berkomitmen untuk memastikan pengalaman ibadah haji yang aman, nyaman, dan efisien bagi semua jemaah.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES