Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Penjual Sayur Naik Haji, Kisah Surini Rayakan Ultah dan Ketemu Gus Men

Rabu, 12 Juni 2024 - 04:28 | 7.48k
Surini, jemaah haji Indonesia kloter SOC 82, bertemu Menteri Agama RI Gus Men di tanah Suci. (Foto: Dok. Surini)
Surini, jemaah haji Indonesia kloter SOC 82, bertemu Menteri Agama RI Gus Men di tanah Suci. (Foto: Dok. Surini)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tengah-tengah ribuan jamaah haji yang memadati tanah suci Mekkah, ada seorang wanita Indonesia yang kisahnya menggetarkan hati. Surini, seorang penjual sayur dari Solo, merayakan ulang tahunnya yang ke-68 dengan cara yang sangat istimewa.

Tidak hanya beribadah di tanah suci, Surini juga mendapat kejutan luar biasa dengan bertemu langsung Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, yang akrab disapa Gus Men.

Surini, jemaah haji Indonesia kloter SOC 82, memulai perjalanan impiannya dengan menabung selama hampir lima dekade dari hasil berjualan sayur.

Setiap hari, ia menyisihkan sedikit demi sedikit keuntungannya untuk mewujudkan mimpi besarnya, berangkat haji ke tanah suci. Usahanya yang luar biasa membuahkan hasil ketika di tahun 2024 ini, ia akhirnya bisa menjejakkan kaki di Mekkah.

Pada hari ulang tahunnya yang bertepatan dengan persiapan puncak haji, kebahagiaan Surini semakin berlipat ganda saat ia bertemu Gus Men di Kantor Petugas Haji Daerah Kerja (Daker) Mekkah.

Dalam momen penuh haru tersebut, Surini dengan tulus meminta Gus Men mendoakan anak-anaknya agar suatu hari bisa mengikuti jejaknya ke tanah suci.

"Alhamdulillah, nggeh, Gus, panjenengan dongake, mugi anak kulo dugi ngriki sedoyo (Alhamdulillah, ya, Gus, mohon doakan anak-anak saya bisa ke sini semua)," pinta Surini dengan mata berbinar.

"Amin, amin, insya Allah tekan kene kabeh (Amin, amin, insya Allah bisa ke sini semua)," jawab Gus Men dengan penuh empati dan harapan.

Pertemuan ini diabadikan oleh Gus Men di akun Facebook resminya, di mana ia menulis, "Ibu Surini. Berjualan sayur dan menyisihkan keuntungannya sejak tahun 1975 hingga bisa berangkat haji tahun ini di usia 68 tahun."

Tidak hanya itu, Gus Men juga merasakan kebahagiaan yang dirasakan Surini.

"Hari ini Bu Surini ulang tahun. Saya berkesempatan menemuinya dan merasakan kebahagiaan dan syukur yang dia rasakan berlipat-lipat," tulisnya.

Dengan penuh semangat, Gus Men berjanji kepada Surini dan seluruh jamaah haji Indonesia untuk memberikan layanan terbaik.

"Kepada Ibu Surini dan jamaah haji seluruhnya, pemerintah sekuat tenaga memberikan layanan terbaik. Bismillahi tawakkaltu ‘alallah," tegasnya.

Staff Khusus Menteri Agama bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, yang akrab disapa Gus Bowo, juga menyampaikan kebahagiaan Surini.

"Bu Surini senang banget bisa ketemu Gus Men. Nangis karena bahagia bisa bertemu Gus Men dan mengungkapkan rasa syukur bisa berangkat haji setelah menabung bertahun-tahun, menyisihkan uang dari jualan sayur," ujarnya.

Kisah Surini adalah bukti nyata bahwa dengan niat yang kuat, tekad yang bulat, dan usaha yang tak kenal lelah, impian sebesar apapun bisa terwujud. Dari kios sayur di pasar hingga menginjakkan kaki di tanah suci, perjalanan hidup Surini adalah inspirasi bagi kita semua.

Semoga doa dan harapannya di tanah suci terkabul, dan ia serta seluruh jamaah haji kembali ke tanah air dengan predikat haji yang mabrur.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES