Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Mataf Masjidil Haram Siap Sambut 108.000 Jemaah Selama Haji 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 08:34 | 16.61k
Mataf Masjidil Haram siap menyambut jemaah haji. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Mataf Masjidil Haram siap menyambut jemaah haji. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAH – Mataf, area melingkar di sekitar Ka'bah yang digunakan untuk tawaf, siap menyambut para jemaah Haji 2024.

Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah mengonfirmasi bahwa pelataran Mataf sudah dipersiapkan dengan matang untuk menerima jemaah Haji 1445 H.

Rencana yang terorganisir dengan baik dan layanan berkualitas telah disusun Pemerintah Arab Saudi untuk memastikan pengalaman beribadah yang lancar bagi para jemaah.

Melansir SPA, Otoritas bekerja sama dengan berbagai lembaga terkait untuk mempersiapkan sepenuhnya pintu masuk dan koridor yang menuju ke pelataran Mataf. Persiapan ini mempertimbangkan kapasitas total untuk menampung jemaah dan memungkinkan mereka melaksanakan ritual ibadah dengan mudah.

Semua pintu utama dan pintu-pintu tambahan di pelataran Mataf akan sepenuhnya dapat diakses oleh jemaah. Selain itu, beberapa gerbang telah ditetapkan khusus untuk layanan dan keadaan darurat, memastikan keselamatan dan kesejahteraan para jemaah.

Seluruh pelataran Mataf, yang mencakup banyak pintu masuk utama dan tambahan, akan sepenuhnya dapat diakses oleh jemaah.

Kapasitas pelataran ini sangat besar, mampu menampung 108.000 jamaah per jam di semua lantainya, termasuk pelataran, lantai dasar, lantai pertama, mezzanine pertama, mezzanine kedua, dan "atap" kedua. Secara total, Mataf dapat menampung hingga 203.000 jamaah di seluruh lantainya.

Selain itu, otoritas telah mempersiapkan berbagai layanan tambahan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para jemaah. Ini termasuk penempatan petugas keamanan dan layanan kesehatan di berbagai titik strategis untuk memberikan bantuan segera jika diperlukan.

Area Mataf juga dilengkapi dengan penanda yang jelas dan petunjuk arah untuk membantu jemaah menemukan jalan mereka dengan mudah.

Kapasitas besar dan layanan berkualitas yang disediakan di Mataf merupakan bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah Saudi untuk meningkatkan pengalaman ibadah Haji.

Setiap tahun, jutaan jemaah dari seluruh dunia datang ke Makkah untuk melaksanakan ibadah Haji, dan persiapan yang matang di Mataf memastikan bahwa setiap jemaah dapat melaksanakan ritual mereka dengan aman dan khidmat.

Peningkatan ini tidak hanya terbatas pada infrastruktur fisik tetapi juga mencakup layanan digital dan informasi. Otoritas telah menyediakan berbagai aplikasi dan platform digital yang dapat diakses oleh jemaah untuk mendapatkan informasi terkini tentang layanan dan fasilitas di Masjidil Haram.

Ini termasuk panduan interaktif dan layanan informasi yang dapat membantu jemaah dalam merencanakan dan melaksanakan ibadah mereka dengan lebih baik.

Keberhasilan persiapan ini tidak lepas dari kerja sama erat antara otoritas dan berbagai lembaga terkait.

Melalui kolaborasi ini, setiap aspek dari pengalaman ibadah Haji dipertimbangkan dengan teliti, mulai dari kedatangan jemaah di Makkah hingga pelaksanaan ritual dan keberangkatan mereka kembali ke negara masing-masing.

Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan layanan dan fasilitas bagi para jemaah. Dengan persiapan yang matang dan layanan berkualitas, diharapkan para jemaah dapat melaksanakan ibadah Haji mereka dengan aman, nyaman, dan penuh keberkahan. Mataf Masjidil Haram, dengan segala kemegahan dan kapasitasnya, siap menyambut dan melayani jemaah dari seluruh dunia dalam pelaksanaan Haji tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES