Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Arab Saudi Perkuat Keamanan Haji, Penjagaan Masjidil Haram Diperketat

Kamis, 13 Juni 2024 - 08:48 | 11.88k
Penjagaan ketat keamanan Masjidil Haram oleh Pemerintah Arab Saudi. (Foto: SPA)
Penjagaan ketat keamanan Masjidil Haram oleh Pemerintah Arab Saudi. (Foto: SPA)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAH – Pada musim Haji 1445 H, Angkatan Darat Kerajaan Arab Saudi melalui unit Polisi Militernya, secara aktif mendukung langkah-langkah keamanan Kementerian Dalam Negeri. Kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif Kementerian Pertahanan yang lebih luas, yang dirancang untuk memastikan kelancaran operasional Haji dan memprioritaskan keselamatan jemaah.

Menurut laporan SPA, Personel Polisi Militer dikerahkan untuk mengelola kerumunan besar dan mengatur pergerakan jemaah di dalam halaman Masjidil Haram di Makkah. Tugas mereka mencakup pengawasan pintu masuk masjid, sehingga memperkuat keamanan secara keseluruhan. Kehadiran mereka sangat penting dalam menjaga ketertiban dan memastikan bahwa setiap jemaah dapat melaksanakan ibadah mereka dengan aman dan nyaman.

Kontribusi Angkatan Darat Kerajaan Saudi tidak hanya terbatas di Masjidil Haram. Pasukan dukungan khusus berperan penting dalam mendeteksi dan menghilangkan bahan berbahaya di penyeberangan darat dan situs-situs suci. Langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua area yang digunakan selama Haji aman dari ancaman potensial yang dapat membahayakan jemaah.

Selain itu, Angkatan Darat berkoordinasi erat dengan otoritas terkait untuk memperlancar penerimaan jemaah yang tiba dari Mina. Dengan menggunakan protokol manajemen massa yang terlatih secara teliti, mereka memastikan proses masuk yang aman dan efisien bagi jemaah yang memasuki Masjidil Haram selama musim Haji. Protokol ini mencakup pengaturan arus jemaah yang terstruktur, yang dirancang untuk menghindari kemacetan dan memastikan kelancaran pergerakan jemaah.

Kerjasama ini mencerminkan komitmen pemerintah Saudi untuk menyediakan lingkungan yang aman dan terorganisir bagi para jemaah Haji. Upaya kolaboratif antara Angkatan Darat Kerajaan Saudi dan Kementerian Dalam Negeri ini menunjukkan dedikasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan jutaan jemaah yang datang dari seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah Haji. 

Dengan personel yang dilatih secara khusus dan teknologi terbaru, Angkatan Darat Kerajaan Saudi menunjukkan kemampuannya dalam mengelola situasi kompleks yang dihadapi selama Haji.

Ini termasuk pengawasan dan pengendalian massa, deteksi ancaman, serta koordinasi dengan berbagai badan keamanan untuk memastikan setiap aspek dari perjalanan spiritual ini berjalan dengan lancar.

Keseluruhan inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman Haji yang aman dan teratur bagi semua jemaah. Dengan perencanaan yang cermat dan eksekusi yang teliti, Angkatan Darat Kerajaan Saudi dan Kementerian Dalam Negeri berusaha untuk memastikan bahwa setiap jemaah dapat menjalankan ibadah mereka dengan tenang dan penuh konsentrasi, tanpa khawatir tentang masalah keamanan.

Melalui upaya ini, pemerintah Saudi memperkuat posisinya sebagai pelayan dua tempat suci, dengan menyediakan lingkungan yang kondusif bagi jemaah untuk melaksanakan salah satu rukun Islam dengan aman dan khusyuk.

Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan pengalaman ibadah Haji, tetapi juga memperlihatkan komitmen kuat Saudi terhadap keamanan dan kesejahteraan umat Islam di seluruh dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES