Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Inisiatif Makkah Route Arab Saudi Permudah Layanan Haji dari Indonesia

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:00 | 16.41k
Jamaah haji Indonesia tiba menggunakan jalur Makkah Route atau yang dikenal Fast Track. (Foto: SPA)
Jamaah haji Indonesia tiba menggunakan jalur Makkah Route atau yang dikenal Fast Track. (Foto: SPA)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Inisiatif "Makkah Route", salah satu inisiatif dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dalam Program Pengalaman Jemaah, yang merupakan bagian dari Visi 2030 Kerajaan Arab Saudi, telah menyelesaikan tugasnya untuk melayani jemaah Haji di Republik Indonesia. Semua penerima manfaat dari inisiatif ini telah tiba di Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah Haji tahun 1445 H.

Menurut laporan SPA, Inisiatif ini menyediakan layanan berkualitas tinggi di lounge khusus di 11 bandara di 7 negara, yaitu Maroko, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Bangladesh, Turki, dan Pantai Gading. Layanan ini diberikan kepada jemaah Haji sejak dari negara asal mereka hingga tiba di Kerajaan Arab Saudi.

 Prosesnya dimulai dengan penerbitan visa Haji secara elektronik, pengambilan sidik jari, verifikasi persyaratan kesehatan, pengkodean dan penyortiran bagasi sesuai dengan pengaturan transportasi dan akomodasi di Kerajaan, hingga pengangkutan langsung ke bus yang membawa mereka ke tempat tinggal di daerah Makkah dan Madinah.

Sementara itu, agen mitra bertanggung jawab untuk mengirimkan bagasi mereka ke tujuan. Layanan yang diberikan dalam inisiatif ini memastikan proses yang mudah dan lancar bagi jemaah Haji. 

Mulai dari penerbitan visa hingga transportasi ke tempat tinggal, setiap tahapan diatur untuk mengurangi kesulitan yang mungkin dihadapi jemaah. Sistem ini memungkinkan jemaah untuk tiba di Kerajaan dengan semua persyaratan sudah dipenuhi, sehingga mereka dapat fokus pada ibadah Haji mereka.

Inisiatif "Makkah Route" merupakan salah satu upaya dari Kerajaan Arab Saudi untuk meningkatkan pengalaman Haji bagi jemaah dari seluruh dunia, dengan menerapkan teknologi modern dan praktik terbaik dalam manajemen perjalanan dan layanan konsuler.

Komitmen terhadap Visi 2030

Program ini sejalan dengan Visi 2030 Kerajaan, yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan yang diberikan kepada tamu Allah, serta memastikan bahwa pengalaman Haji mereka adalah yang terbaik. 

Melalui inisiatif ini, Kementerian Dalam Negeri menunjukkan komitmennya terhadap visi tersebut, dengan menyediakan layanan yang tidak hanya efisien tetapi juga memastikan kenyamanan dan keselamatan jemaah Haji.

Dengan kesuksesan inisiatif ini di Indonesia dan negara-negara lainnya, "Makkah Route" menjadi contoh nyata dari upaya berkelanjutan Kerajaan Arab Saudi dalam mempermudah dan memperkaya pengalaman Haji bagi umat Muslim di seluruh dunia.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES