Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Timwas Haji DPR RI Imbau Kesehatan dan Optimalisasi Ibadah

Kamis, 13 Juni 2024 - 23:07 | 14.26k
Anggota Komisi VIII DPR RI sekaligus Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Endang Maria Astuti. (FOTO: MCH 2024 Kemenag RI)
Anggota Komisi VIII DPR RI sekaligus Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Endang Maria Astuti. (FOTO: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi VIII DPR RI sekaligus Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Endang Maria Astuti, mengimbau seluruh jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan dan fisik menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji 2024. Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, Endang menekankan pentingnya menjaga stamina dan kondisi fisik.

"Sejak dari tanah air, kami telah banyak mengimbau kepada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan panitia pelaksana saat manasik, untuk memastikan para jemaah menjaga tenaga dan fisik mereka," kata Endang dalam keterangan di Makkah, Arab Saudi, Rabu (12/6/2024).

Hal ini disampaikannya guna memastikan kelancaran dan kekhusukan ibadah haji tahun 2024, menyusul berbagai persiapan yang dilakukan baik di tanah air maupun di Arab Saudi.

Endang juga menyoroti kebiasaan sebagian jemaah yang melaksanakan umrah berkali-kali sebelum menunaikan haji.

"Tidak perlu melakukan umrah berkali-kali, silakan melakukan umrah setelah haji agar tidak mengganggu ibadah haji. Tujuan utama adalah melaksanakan ibadah haji," ujarnya. 

Dia meminta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi untuk terus mengingatkan jemaah haji Indonesia mengenai hal ini.

"Instruksi kepada seluruh jemaah haji Indonesia untuk menahan diri dari melakukan umrah berkali-kali sebelum haji sangat penting," tegasnya.

 

Selain itu, Kepala Daerah Kerja Makkah, Khalilurahman, mengimbau agar jemaah calon haji melaksanakan umrah wajib pada pukul 09.00 WAS atau 22.00 WAS untuk menjaga kesehatan dan menghindari kepadatan di Masjidil Haram.

"Kami mengimbau bagi jemaah haji yang tiba di hotel Makkah pada pukul 06.00 – 17.00 WAS untuk melaksanakan umrah wajib pada pukul 22.00 WAS," ujar Khalilurrahman.

 

Pemilihan waktu tersebut bertujuan menghindarkan jemaah dari cuaca terik yang kerap terjadi di Makkah, dengan suhu siang hari yang dapat mencapai 43 derajat Celcius dan diperkirakan akan menembus 50 derajat Celcius saat puncak haji.

"Ini cukup ekstrem jika dibandingkan cuaca di Indonesia," kata Khalil.

Dengan himbauan ini, diharapkan seluruh jemaah haji Indonesia dapat menjalankan ibadah dengan lebih baik, sehat, dan khusyuk.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES