Peristiwa Internasional Info Haji 2024

 1.169 Tenda Wukuf Siap Menyambut 213 Ribu Jemaah Haji Indonesia di Arafah

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:21 | 18.71k
Tenda wukuf Jemaah haji Indonesia di Arafah.
Tenda wukuf Jemaah haji Indonesia di Arafah.
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Persiapan menyambut pelaksanaan wukuf di Arafah bagi jemaah haji Indonesia telah mencapai tahap akhir. Sebanyak 1.169 tenda telah disiapkan untuk menampung 213.275 jemaah haji Indonesia.

Wukuf di Arafah akan dilaksanakan pada 9 Zulhijjah 1445 Hijriah atau bertepatan dengan hari Sabtu (15/6/2024).

"Setiap maktab memiliki ukuran yang bervariasi," ujar Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Arafah, Abduh Dhiya'ur Rahman, saat ditemui di Arafah ketika melakukan pengecekan di maktab pada Jumat (14/6/2024) dini hari.

"Mulai dari tenda yang berkapasitas 100 sampai dengan 300 jemaah," lanjutnya.

Dari hasil pengecekan, fasilitas maktab sudah berfungsi dengan baik.

"Listrik dan AC menyala dengan baik, air juga tersedia," tandas Abduh.

Hingga dini hari ini, pengecekan baru dilakukan pada fasilitas utama. Pengecekan akan dilanjutkan pada pagi hari sebelum kedatangan jemaah untuk memastikan kelengkapan lainnya.

Pengecekan Fasilitas di Arafah

Pada pagi hari, pengecekan akan kembali dilakukan untuk memastikan semua fasilitas siap digunakan ketika jemaah datang. Petugas haji akan memastikan tenda tidak ditempati oleh jemaah dari negara lain, menjaga kenyamanan dan keamanan jemaah haji Indonesia.

"Tenda harus siap digunakan ketika jemaah datang dan dipastikan tidak ada orang lain, selain jemaah haji Indonesia reguler yang berhak di dalam tenda," tandas Abduh.

Pelaksanaan Wukuf di Arafah

Wukuf di Arafah merupakan puncak ibadah haji yang akan dilaksanakan pada 9 Zulhijjah 1445 H. Jemaah haji akan berangkat dari Makkah menuju Arafah dalam tiga trip untuk menghindari kepadatan dan memastikan kelancaran proses:

- Trip pertama: Berangkat pukul 06.00 hingga 10.00 WAS.
- Trip kedua: Berangkat pukul 10.30 hingga 15.00 WAS.
- Trip ketiga: Berangkat pukul 15.30 hingga 20.00 WAS.

Petugas haji yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasional Armuzna telah bersiap sejak Kamis tengah malam untuk menyambut jemaah di Arafah. Mereka akan berjaga di setiap maktab, memantau dan memastikan semua fasilitas berfungsi dengan baik.

Persiapan yang matang dan pengecekan fasilitas yang rutin, diharapkan pelaksanaan wukuf di Arafah bagi jemaah haji Indonesia tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan khusyuk.

Petugas haji di Arafah siap memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran ibadah bagi seluruh jemaah haji Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES