Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Puncak Haji 1445H Berakhir, Gelombang Pertama Jemaah Haji Indonesia Mulai Dipulangkan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 05:59 | 10.13k
Jemaah haji Indonesia gelombang pertama mulai bertolak ke tanah air. (Foto: antara)
Jemaah haji Indonesia gelombang pertama mulai bertolak ke tanah air. (Foto: antara)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah puncak pelaksanaan ibadah haji 1445 H/2024 M berakhir, jemaah haji Indonesia gelombang pertama mulai dipulangkan ke Tanah Air.

Direktur Bina Haji Kementerian Agama Arsad Hidayat mengumumkan bahwa pemulangan jemaah dari Makkah dimulai hari ini.

"Alhamdulillah puncak haji sudah usai. Hari ini kita mulai memberangkatkan jemaah dari Makkah untuk kembali ke Tanah Air," ujar Arsad saat melepas kepulangan jemaah SOC 02 di Makkah, Jumat (21/6/2024).

Arsad menjelaskan bahwa ada perbedaan skema kepulangan jemaah gelombang pertama tahun ini. Sebanyak 49 kelompok terbang (kloter) akan dipulangkan melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana semua jemaah gelombang pertama dipulangkan melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

"Tahun ini, tidak semua jemaah gelombang pertama dipulangkan melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Ada 49 kloter yang akan dipulangkan melalui Madinah. Termasuk SOC 02 yang kita antar pagi ini," jelas Arsad.

SOC 02 termasuk jemaah kloter awal yang segera dipulangkan usai wukuf. "Alhamdulillah seluruh persiapan kaitan dengan rencana kepulangan ini sudah siap," tambah Arsad.

Bahkan, penimbangan barang bagasi yang biasa dilakukan 48 jam sebelum keberangkatan sudah dilakukan sebelum pelaksanaan wukuf untuk kloter SOC 02 karena termasuk kategori keberangkatan awal.(*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES