Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Jemaah Indonesia Puji Layanan Kemenag, Sebut Haji Reguler Fasilitas VIP

Selasa, 25 Juni 2024 - 12:11 | 13.55k
Jemaah Haji Indonesia asal Surabaya Syifa (32) dan suaminya, Ainun Naim (34), memuji pelayanan haji yang dilakukan oleh Kemenag RI. (foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Jemaah Haji Indonesia asal Surabaya Syifa (32) dan suaminya, Ainun Naim (34), memuji pelayanan haji yang dilakukan oleh Kemenag RI. (foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAH – Menjalankan ibadah haji pada tahun 1445 H/2024 M menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Syifa (32) dan suaminya, Ainun Naim (34), yang berasal dari Surabaya. Mereka merasa tidak menyangka bisa menikmati berbagai kemudahan dan layanan yang disediakan selama menunaikan ibadah suci ini.

"Saya benar-benar merasakan banyak kemudahan dari pemerintah. Terutama untuk menuju ke Masjidil Haram, ada bus salawat yang beroperasi selama 24 jam dan gratis. Makanan juga selalu tersedia, pokoknya meskipun ikut haji reguler, rasanya seperti fasilitas VIP," ungkap Syifa kepada Tim Media Center Haji (MCH) pada Senin (24/6/2024).

Syifa berbagi cerita tentang pengalamannya yang berbeda dari kisah-kisah orang sebelumnya yang mengatakan bahwa ibadah haji itu sulit. Dulu, jamaah harus melakukan semuanya sendiri, mulai dari memasak, makan, hingga berjalan kaki. Namun, kini, semua fasilitas sudah tersedia dan memudahkan.

"Kami benar-benar dimanjakan di sini. Makan tiga kali sehari, minuman berlimpah, bahkan tersedia mesin cuci gratis. Jadi, tinggal fokus pada ibadah saja karena semuanya sudah difasilitasi," katanya.

Syifa juga mengungkapkan kesannya terhadap layanan di hotel tempat mereka menginap di kawasan Misfalah. Menurutnya, petugas sangat responsif dalam melayani jamaah, terutama yang lansia.

"Setiap hari ada petugas kesehatan yang datang ke kamar untuk memastikan kesehatan jamaah, ini sangat luar biasa," tambahnya.

Syifa yang telah mendaftar haji sejak tahun 2012 memiliki pesan khusus bagi mereka yang ingin berhaji di usia muda.

"Kalau ada uang, segera daftar saja, agar nanti tidak terlalu tua saat berhaji. Jangan menunda, apalagi sekarang antrian haji semakin panjang," pesannya.

Fasilitas Haji 2024 yang Disiapkan oleh Kementerian Agama RI

Kementerian Agama RI telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk haji tahun 2024 guna meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi para jamaah. Berikut adalah beberapa fasilitas yang disediakan:

Transportasi Gratis: Tersedia bus salawat yang beroperasi 24 jam secara gratis untuk mengantar jamaah dari tempat penginapan ke Masjidil Haram dan sebaliknya.

Katering Makanan: Jamaah mendapatkan tiga kali makan sehari dengan menu yang bervariasi dan higienis, serta disediakan minuman yang melimpah.

Fasilitas Penginapan: Hotel-hotel tempat jamaah menginap dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mesin cuci gratis, layanan kebersihan, dan fasilitas kesehatan.

Layanan Kesehatan: Setiap hari, petugas kesehatan melakukan kunjungan ke kamar jamaah untuk memastikan kesehatan mereka, terutama bagi jamaah yang lanjut usia dan memiliki kondisi kesehatan khusus.

Pendampingan Khusus: Bagi jamaah lansia dan yang membutuhkan, tersedia petugas yang siap membantu mereka dalam berbagai aktivitas sehari-hari selama ibadah haji.

Fasilitas Khusus di Arafah dan Mina: Kementerian Agama juga menyediakan tenda yang nyaman di Arafah dan Mina, lengkap dengan fasilitas AC, tempat tidur yang layak, dan makanan yang cukup untuk menjaga stamina jamaah selama menjalankan ibadah haji.

Dengan adanya berbagai fasilitas ini, Kementerian Agama berharap para jamaah dapat fokus pada ibadah dan menjalankan haji dengan khusyuk tanpa harus khawatir tentang kebutuhan dasar mereka selama berada di Tanah Suci. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES