Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Lancar, 23.000 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah

Minggu, 30 Juni 2024 - 22:23 | 11.77k
Proses pergerakan jemaah haji Indonesia gelombang II dari Makkah menuju Madinah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Proses pergerakan jemaah haji Indonesia gelombang II dari Makkah menuju Madinah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAH – Proses pergerakan jemaah haji Indonesia gelombang II dari Makkah menuju Madinah sudah berlangsung empat hari. Sebelum memasuki Kota Nabi, jemaah haji harus melakukan pemeriksaan dokumen terlebih dahulu di Terminal Hijrah.

Pencatatan dan pengecekan dokumen jemaah dilakukan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah. “Hingga hari keempat ini, tercatat sebanyak 60 kloter (kelompok terbang) atau lebih kurang 23.000 jemaah tiba di Madinah dari Makkah. Sejauh ini tidak ada kendala ditemui di tempat check point dokumen, semua berjalan lancar,” terang Kepala Daker Madinah, Muhammad Ali Machzumi, saat melakukan pemantauan di Terminal Hijrah, Sabtu (29/06/2024).

Di Terminal Hijrah, dokumen dan paspor jemaah haji diserahkan kepada Masyariq. Selama proses pemeriksaan, jemaah tidak diperkenankan turun dari bus. “Kecuali darurat ada yang ingin turun ke kamar kecil, kami persilakan. Tapi tidak untuk semua, hanya yang darurat saja. Karena ini memang bukan untuk peristirahatan, tapi check point kurang lebih hanya lima menit di sini,” jelas Ali Machzumi.

Setibanya di Terminal Hijrah, pengemudi menyerahkan paspor kepada Masyariq. Setelah dilakukan pengecekan, bus kembali berjalan menuju hotel yang telah ditentukan untuk jemaah di Madinah.

Ali Machzumi menambahkan, selama di Madinah, jemaah haji difasilitasi akomodasi dan konsumsi secara penuh, termasuk juga difasilitasi berziarah ke Makam Rasulullah dan Raudah. “Sampai saat ini sudah diterbitkan dan digunakan 13 ribu tasreh (surat izin) jemaah untuk masuk Raudah,” tandasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES