Peristiwa Internasional

PPI Dunia Dukung Produk Furniture Ramah Lingkungan

Rabu, 03 Juli 2024 - 12:00 | 24.72k
Rizki Anissa pemilik Javani Narutala berdiri disamping produk furniturenya dalam pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024. (Foto: PPI Dunia)
Rizki Anissa pemilik Javani Narutala berdiri disamping produk furniturenya dalam pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024. (Foto: PPI Dunia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perhimpunan Pelajar Indonesia di Seluruh Dunia (PPI Dunia) terus menunjukkan peran pentingnya dalam mendorong produk-produk Indonesia menembus pasar internasional. Salah satu contohnya adalah keterlibatan perusahaan furnitur ramah lingkunganmilik salah satu anggota oragaisasi tersebut.

Sebut saja partisipasi Javani Narutala, perusahaan furnitur milik Rizki Anissa dalam pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 yang berlangsung pada 12-14 Juni di Tokyo Big Sight, Jepang. Rizki sendiri merupakan seorang pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi master di United Nations University, Negeri Sakura tersebut.

Advertisement

Keikutsertaannya dalam pameran itu berhasil memikat para pembeli yang hadir di pameran. Rizki menyatakan bahwa keterlibatan perusahaan furniturnya dalam pameran ini berhasil mendapatkan transaksi potensial senilai USD 14 ribu, serta membuka peluang kerja sama dengan retailer dan distributor dari Jepang.

"Kebanggaan tersendiri bisa mewakili Indonesia dan pelajar pengusaha di kancah internasional melalui keikutsertaan bisnis kami dalam pameran ini, apresiasi tertinggi bagi Kemendag khususnya Ditjen PEN, Atdag Tokyo, dan ITPC Osaka yang terus mendukung UMKM Indonesia dapat bersaing di pasar global," ujar Rizki.

Sebagai anggota PPI Dunia, Rizki juga mengajak para pelajar lainnya untuk turut serta dalam pameran serupa guna mengoptimalkan peran mereka sebagai Duta Ekspor PPI Dunia. "Ini membuktikan bahwa pelajar Indonesia berperan penting sebagai Duta Ekspor untuk memperkenalkan produk UMKM ke pasar luar negeri. Semoga partisipasi kami dapat diikuti para pelajar Indonesia di negara lain sehingga membantu promosi produk Indonesia," imbuhnya.

Interior Lifestyle Tokyo 2024 merupakan pameran internasional produk kreatif di sektor rumah dan gaya hidup, seperti dekorasi interior, furnitur, dan perlengkapan rumah tangga. Pameran ini merupakan bagian dari Ambiente, pameran dagang internasional terkemuka di Jerman.

Paviliun Indonesia di pameran ini dibuka oleh Direktur Jasa dan Produk Kreatif Kemendag dan merupakan hasil kerja sama antara Ditjen PEN, KBRI Tokyo, ITPC Osaka, dan JETRO. Produk Indonesia yang ditampilkan meliputi hasil kurasi dari perusahaan pemenang Good Design Indonesia (GDI) dan peserta pendampingan Designers Dispatch Service (DDS), yaitu Javani Narutala, Bale Rattan, Baliism, Palem Craft, dan Homeware Natural Indonesia.

Merry Indriasari, Atase Perdagangan KBRI Tokyo, menyatakan bahwa pelajar Indonesia yang mengikuti pameran dagang internasional memiliki keunggulan tersendiri karena mereka lebih memahami selera pasar di negara tempat mereka studi.

"Para pelajar anggota PPI memiliki keunggulan sebagai agen market intelligence bagi produk Indonesia potensial yang akan diekspor ke Jepang. Selain dapat lebih optimal ketika berpartisipasi dalam pameran, para pelajar dapat memiliki alternatif untuk menjadi eksportir produk Indonesia ke Jepang usai menempuh studi atau menjadi buyer jika berdomisili di Jepang," ujar Merry.

Didit Akhdiat Suryo, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka, menegaskan komitmen ITPC Osaka untuk mendukung promosi produk inovatif para pelajar Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan pasar Jepang.

"ITPC Osaka menyediakan laporan analisis intelijen dan bisnis di Jepang yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar Indonesia di Jepang. Saya harap ini dapat memberikan gambaran dan meningkatkan minat para pelajar untuk memulai ekspor produk Indonesia ke Jepang," terang Didit.

Pelajar Indonesia yang menimba ilmu di berbagai negara memiliki peran strategis dalam membantu perekonomian Indonesia. PPI Dunia konsisten mendukung peran pelajar sebagai Duta Ekspor  di 65 negara anggotanya. Radya Mahardika, Direktur Pengembangan Inovasi Bisnis organisasi tersebut, menyatakan dukungannya atas keterlibatan para pelajar anggotanya pada berbagai pameran dagang dan kegiatan peningkatan ekspor lainnya.

"Kami senantiasa mendukung Pemerintah dalam upaya peningkatan ekspor melalui penguatan wawasan perdagangan para pelajar Indonesia di 65 negara sebagai Duta Ekspor PPI Dunia. Kami berharap apa yang dilakukan Javani Narutala dapat diikuti oleh pelajar lain dalam menembus pasar ekspor," ujar Radya.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, PPI Dunia terus berupaya mendorong pelajar Indonesia untuk aktif berperan dalam mengembangkan produk UMKM dan menembus pasar internasional. Hal ini tidak hanya membantu memperkenalkan produk Indonesia di kancah global tetapi juga memperkuat perekonomian Indonesia melalui ekspor produk berkualitas tinggi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES