Efektivitas Aplikasi Kawal Haji dalam Menangani Keluhan Jemaah Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M diwarnai dengan inovasi baru dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) berupa aplikasi Kawal Haji. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi kanal pengaduan jemaah, membantu petugas merespons keluhan dengan cepat. Ketua PPIH Arab Saudi, Nasrullah Jasam, menyatakan bahwa aplikasi ini telah terbukti efektif.
“Sejauh ini aplikasi Kawal Haji cukup efektif. Banyak permasalahan yang bisa diselesaikan dengan cepat, karena informasinya begitu update dan diterima langsung oleh PPIH untuk kemudian segera diselesaikan oleh pihak-pihak terkait,” ungkap Nasrullah Jasam di Jeddah, Selasa (2/7/2024).
Advertisement
Berdasarkan data yang ada, aplikasi Kawal Haji telah diunduh oleh lebih dari 12 ribu pengguna dan sepanjang penyelenggaraan ibadah haji hingga 1 Juli 2024, terdapat 3.334 laporan yang masuk. “Lebih tiga ribu laporan yang masuk dan hampir semuanya bisa segera kita selesaikan,” ungkap Nasrullah.
Untuk memantau pengaduan yang masuk melalui Kawal Haji, PPIH menyiapkan enam operator yang bekerja secara shifting selama 24 jam. Mereka bertugas untuk meneruskan setiap laporan yang masuk kepada pihak-pihak terkait. “Misalnya jika permasalahannya seputar konsumsi, langsung diteruskan ke Kepala Bidang Konsumsi, ditindaklanjuti oleh para Kasi di masing-masing Daerah Kerja (Daker), dan selanjutnya oleh pelaksana konsumsi masing-masing sektor,” kata Nasrullah.
Salah satu keunggulan Kawal Haji adalah kemampuannya untuk membantu PPIH menemukan posisi jemaah yang terpisah dari rombongan melalui fasilitas GPS (Global Positioning System). “Fasilitas GPS ini sangat membantu, terutama untuk menemukan posisi jemaah-jemaah yang terpisah rombongan. Ke depan, kami berharap aplikasi ini dapat lebih disempurnakan dan bisa kita sosialisasikan lebih awal sehingga seluruh jemaah haji Indonesia dapat memanfaatkan aplikasi ini,” tutur Nasrullah.
Melalui aplikasi Kawal Haji, jemaah juga dapat memberikan apresiasi atas pelayanan serta kinerja petugas. “Kami mengucapkan terima kasih kepada para jemaah yang sudah memberikan apresiasi melalui aplikasi Kawal Haji. PPIH tentu saja berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan bagi para jemaah,” tutup Nasrullah.(*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Imadudin Muhammad |
Publisher | : Sofyan Saqi Futaki |