Peristiwa Internasional

Japan Youth Summit 2024: Kolaborasi Sukses Pemuda dari 28 Negara

Kamis, 04 Juli 2024 - 19:47 | 14.12k
Japan Youth Summit 2024 yang diselenggarakan oleh Yayasan Youth Break the Boundaries (YBB) di Osaka, Jepang. (FOTO: YBB)
Japan Youth Summit 2024 yang diselenggarakan oleh Yayasan Youth Break the Boundaries (YBB) di Osaka, Jepang. (FOTO: YBB)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJapan Youth Summit 2024 yang diselenggarakan oleh Yayasan Youth Break the Boundaries (YBB), baru saja berakhir dengan sukses gemilang di Osaka, Jepang. Acara ini berhasil mengumpulkan lebih dari 100 delegasi dari 28 negara, semuanya disatukan oleh semangat yang sama untuk pertukaran budaya, inovasi, dan pembangunan berkelanjutan.

Pertemuan ini tidak hanya menyoroti keindahan budaya Jepang, tetapi juga menjadi platform bagi para pemimpin muda untuk mempresentasikan proyek sosial mereka dan mendorong kolaborasi internasional.

Peserta Japan Youth Summit (JYS) mendapat pengalaman mendalam yang menampilkan yang terbaik dari budaya, inovasi, dan arsitektur Jepang. Mulai dari mengunjungi situs-situs bersejarah, hingga menjelajahi kemajuan teknologi mutakhir. Para delegasi mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang perpaduan unik antara tradisi dan modernitas di Jepang.

Platform untuk Pembangunan Berkelanjutan

Salah satu komponen inti dari summit ini adalah presentasi proyek sosial yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa. Para delegasi membagikan inisiatif mereka yang bertujuan untuk mengatasi isu-isu global penting seperti kemiskinan, perubahan iklim, dan pendidikan berkualitas.

Presentasi ini tidak hanya memberikan wawasan berharga tetapi juga menginspirasi peserta lain untuk mengambil langkah nyata di komunitas mereka sendiri.

Summit ini menampilkan serangkaian simposium dengan pembicara luar biasa yang membagikan keahlian dan pengalaman mereka dalam berbagai topik, termasuk inovasi, kepemimpinan, dan pembangunan berkelanjutan. Sesi-sesi ini dirancang untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendorong perubahan positif di bidang mereka masing-masing.

Pentingnya Memelihara Hubungan dengan Jaringan Internasional

Jaringan Internasional juga peran penting dalam acara ini, menawarkan para delegasi kesempatan untuk terhubung dengan individu yang berpikiran sama dari seluruh dunia. Interaksi dan kolaborasi yang terbentuk selama puncak ini diharapkan menghasilkan kemitraan yang langgeng dan proyek-proyek yang berdampak.

Aldi Subakti, Ketua Japan Youth Summit 2024, menekankan pentingnya menjaga koneksi bahkan setelah acara berakhir. "Kami ingin semua orang tetap terhubung dan terus berkolaborasi, bahkan setelah mereka menjadi alumni. Hubungan dan jaringan yang dibangun di sini sangat berharga dan memiliki potensi untuk menciptakan dampak global yang signifikan," ungkap Subakti.

Dirinya juga mengungkap bahwa acara ini melampaui acara itu sendiri bertujuan untuk membangun komunitas global pemimpin muda yang saling mendukung dan menginspirasi dalam jangka panjang.

Dampak Berkesinambungan pada Peserta

Japan Youth Summit 2024 telah meninggalkan kesan mendalam di hati para pesertanya. Banyak delegasi yang mengungkapkan rasa syukur mereka atas kesempatan untuk berinteraksi dengan berbagai budaya, belajar dari pembicara ternama, dan berkolaborasi dalam proyek-proyek bermakna.

Kenangan yang tercipta dan pelajaran yang dipetik selama puncak ini pasti akan mempengaruhi kehidupan pribadi dan profesional mereka selama bertahun-tahun mendatang.

Acara tahunan yang memberdayakan pemimpin muda melalui dialog, pendidikan, dan kolaborasi tersebut bertujuan untuk mengumpulkan pikiran-pikiran cemerlang dari seluruh Jepang dan dunia. Diharapkan acara ini dapat menginspirasi pemikiran inovatif dan menumbuhkan kewarganegaraan global di kalangan pemuda.

KeberhasilanJapan Youth Summit 2024 adalah bukti kekuatan kolaborasi pemuda dan dampak berkelanjutan dari pertukaran budaya. Saat para peserta kembali ke negara asal mereka, mereka membawa serta pengetahuan, koneksi, dan inspirasi untuk membuat perbedaan positif di dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES