Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Tiga Langkah Menjaga Kesehatan Bagi Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci

Rabu, 10 Juli 2024 - 14:08 | 9.93k
Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, mengimbau jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan mereka selama berada di Tanah Suci. Dalam keterangan resmi Kemenag, Widi menjelaskan tiga langkah penting yang bisa membantu jemaah haji tetap sehat dan bugar.

1. Terapkan Gaya Hidup Sehat

“Jemaah haji harus mengontrol dan menjaga pola makan mereka,” kata Widi. “Hindari makanan yang tinggi lemak dan garam, dan pastikan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Nutrisi yang baik sangat penting untuk menjaga stamina selama menjalankan ibadah.”

2. Rutin Menjaga Kebugaran

Widi juga menyarankan jemaah untuk tetap aktif. “Rutin berolahraga adalah kunci. Lakukan senam haji atau berjalan kaki minimal selama 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik membantu menjaga tubuh tetap bugar dan siap menjalani rangkaian ibadah haji.”

3. Kontrol Kondisi Medis

Bagi jemaah yang memiliki kondisi medis seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, Widi mengingatkan untuk selalu memantau kesehatan mereka. “Pastikan untuk minum obat secara teratur dan jaga tekanan darah di bawah 140/90. Untuk yang memiliki diabetes, kontrol kadar gula darah sangat penting. Jangan ragu untuk menghubungi petugas kesehatan jika ada masalah.”

Widi menekankan pentingnya kesadaran diri jemaah terhadap kondisi kesehatannya. “Hanya jemaah sendiri yang tahu kondisi tubuh mereka. Jika merasa lelah, jangan memaksakan diri. Istirahatlah dan hindari aktivitas yang berat seperti city tour.”

Imbauan Terakhir

“Mengutamakan kesehatan adalah bagian dari ibadah. Jaga kesehatan diri sendiri dan pastikan untuk tetap dalam kondisi terbaik agar bisa menjalani seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar,” pungkas Widi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan jemaah haji dapat menjalankan ibadah dengan nyaman dan aman, serta kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES